Makassar (Antaranews Sulsel) - Mantan calon gubernur Sulawesi Selatan Ichsan Yasin Limpo dinobatkan sebagai lulusan terbaik pada wisuda program Doktor, Magister, Spesialis, dan Profesi untuk Periode IV Tahun 2017/2018 di Baruga Andi Pangerang Pettarani, Kampus Unhas Tamalanrea Makassar, Rabu.

"Wisudwan Terbaik Program Doktor diraih oleh H Ichsan Yasin Limpo, Doktor Ilmu Hukum dari Fakultas Hukum, dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,98 dan masa studi 2 tahun dan 5 bulan," kata Kepala Unit Humas dan Protokoler Universitas Hasanuddin Ishaq Rahman di Makassar.

Sementara untuk Wisudwan Terbaik Program Magister diraih oleh Sri Jaurianty, Magister Teknik Transportasi dari Sekolah Pascasarjana, dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,78 dan masa studi 1 tahun dan 6 bulan.

Begitupun Wisudwan Terbaik Program Spesialis diraih oleh Eunike, Spesialis Ilmu Penyakit Mata dari Fakultas Kedokteran, dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,92 dan masa studi 3 tahun dan 4 bulan.

Selanjutnya, wisudwan Terbaik Program Profesi Dokter diraih oleh Oei Robby Wiranata, dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,98 dan masa studi 2 tahun dan 2 bulan.

Serta Wisudwan Terbaik Program Profesi Dokter Gigi diraih oleh Dedy Ariwansa, dengan Indeks Prestasi Kumulatif 3,78 dan masa studi 2 tahun dan 8 bulan.

Wisuda Periode IV hari ini diikuti 845 wisudawan, yang terdiri dari Program Doktor, Magister, Spesialis dan Profesi sebanyak 587 orang, ditambah wisudawan program sarjana dari dua fakultas sebanyak 258 orang.

Adapun rincian jumlah wisudawan hari ini masing-masing program Doktor sebanyak 48 orang, Program Magister (226 orang), Program Pendidikan Dokter Spesialis(55 orang), Program Profesi Dokter (227 orang), Program Profesi Dokter Gigi (31 orang) serta Program sarjana sebanyak 258 orang, yang berasal dari 2 (dua) fakultas, yakni Fakultas Hukum sebanyak 141 orang dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 117 orang.

Jika dilihat dari rata-rata masa studi, para wisudawan hari ini memiliki rata-rata masa studi sebagai berikut.

Untuk Program Doktor selama 4 Tahun 5 Bulan, Program Magister (2 Tahun 7 Bulan), Program Pendidikan Dokter Spesialis (4 Tahun 6 Bulan) dan Program Profesi Dokter selama 2 Tahun 7 Bulan.

Sedangkan untuk Program Profesi Dokter Gigi (4 Tahun 3 Bulan), Program Sarjana Fakultas Hukum (4 Tahun 4 Bulan) dan Program Sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik selama 4 Tahun 3 Bulan.

Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Universitas Hasanuddin, untuk menyediakan pelayanan pembelajaran kepada para wisudawan selama menjalankan program studi lanjut.

"Kami tak henti-hentinya berinisiatif untuk mendorong peningkatan kualitas pelaksanaan pendidikan pada semua jenjang di Unhas ini,"kata Prof Dwia.

Dalam kesempatan itu ia juga mengajak para wisudawan untuk aktif bahu-membahu berkontribusi dalam pembangunan negeri, bekerja dengan baik pada masing-masing bidang yang ditekuni, dan membangun optimisme sehingga dapat mendaya-gunakan kapasitas wisudawan secara maksimal.

"Saya ingin mengingatkan agar para wisudawan, khususnya untuk program doktor, selalu aktif mengikuti perkembangan keilmuan yang digeluti. Perkembangan ilmu dan teknologi begitu cepat akhir-akhir ini. Tanpa ketekunan yang memadai, kita semua akan dengan mudah ketinggalan," jelasnya.

Sementara untuk wisudawan program Magister, Spesialis, dan Profesi saya harapkan tidak pernah jemu untuk terus meningkatkan kapasitas belajarnya, baik melalui jenjang pendidikan formal S3, S2, Sub-Spesialis, dan Spesialis, maupun melalui proses pembelajaran mandiri," lanjutnya.

Ia juga menitipkan pesan untuk menjaga nama baik almamater, mengingat posisi Unhas yang telah memperoleh pengakuan baik nasional maupun internasional.

Paling tidak kita telah meraih dua pengakuan eksternal, yaitu Akreditasi Institusi Unhas dari BAN PT kembali meraih nilai A tahun ini dengan skor yang sangat membanggakan kita semua," ujarnya.

Kegiatan wisuda ini dihadiri pula Ketua dan Anggota Majelis Wali Amanat, Ketua, Sekretaris beserta para Anggota Senat Akademik, Ketua, Sekretaris, dan para Anggota Dewan Profesor, para Wakil Rektor dan Sekertaris Universitas, Dekan-dekan dan Wakil Dekan Fakultas dan Sekolah Pascasarjana, Kepala-kepala Lembaga di lingkungan Unhas, dan Kepala Biro di lingkungan Unhas.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024