Makassar,  (Antaranews Sulsel) - Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (KISP) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyosialisasikan lomba gapura Asian Games yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI bekerjasama dengan panitia Asian Games (INASGOC) dalam rangka menyemarakkan even tersebut.

"Berdasarkan instruksi Presiden, ?maka Asian Games harus digelorakan dan disemarakkan. Kami mengambil peran untuk menyosialisasikan agar gema Asian Games ini sampai ke seluruh lapisan masyarakat," kata Kadis KISP Provinsi Sulsel, Andi Hasdullah, di Makassar, Kamis.

Pihaknya, telah membuat penyampaian kepada para Bupati dan Wali Kota beserta jajarannya agar diteruskan kepada masyarakat guna berpartisipasi mengikuti lomba gapura yang bertepatan dengan peringatan HUT RI 2018.

"Kita berharap masyarakat dapat berpartisipasi menyemarakkan Asian Games XVIII," ujar Andi.

Ia mengemukakan, lomba gapura yang dimaksud adalah pembuatan atau menghias gapura dalam rangka HUT RI seperti biasa pada setiap tahunnya, yang kemudian dilengkapi dengan atribut Asian Games.

Tahapan lomba ini, baik tingkat kabupaten/kota, provinsi dan berakhir di kompetisi nasional. Ketentuan lomba dapat diunduh melalu atau membuka laman website www.dukungbersama.id.

"Semua metodenya sudah ada di laman website untuk mengupload materinya," kata Andi.

Para pemenang Lomba Gapura ini akan mendapatkan hadiah yaitu tim Juara I uang tunai Rp25 juta, tim Juara II Rp15 juta, dan Tim Juara III kebagian Rp10 juta.

Selain itu, 25 tim pemenang hiburan akan mendapatkan masing-masing uang tunai Rp3,5 juta.

Pihaknya, berencana juga mengadakan pesta rakyat yang dirangkaikan dengan car free day, ?di Pantai Losari pada Minggu (22/7) mendatang.

"Dalam kegiatan tersebut juga akan diisi dengan berbagai sejumlah lomba seperti dansa moderen, lomba foto dan menampilkan berbagai hasil produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)," kata Andi.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024