Mamuju (Antaranews Sulsel) - Partai Bulan Bintang (PBB) menargetkan empat dari 45 kursi DPRD Sulawesi Barat pada Pemilihan Umum 2019.

"Dari 26 bakal calon legislatif di lima daerah pemilihan yang kami daftarkan, kami optimistis dapat meraih empat kursi di DPRD Sulbar," kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Bulan Bintang Provinsi Sulbar M Afiat Rifai, kepada wartawan usai melakukan pendaftaran bakal calon legislatif di Kantor KPU Sulbar di Mamuju, Rabu dinihari.

Ia mengakui, dari tujuh daerah pemilihan (dapil) pada pemilihan umum legislatif 2018, PBB hanya menempatkan bakal calon legislatifnya di lima daerah pemilihan.

"Dari awal kami targetkan bisa meraih bakal calon legislatif pada setiap dapil. Tetapi faktanya ada dua daerah pemilihan yang tidak bisa kami penuhi, yakni Kabupaten Mamasa dan Majene," ujar Afiat Rifai.

Dari 26 bakal calon legislatif, keterwakilan perempuan yang didaftarkan PBB ke Kantor KPU Sulbar kata Afiat Rifai mencapai 43 persen.

Sementara itu, Sekretaris Lembaga Pemenangan Pemilu Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Barat Muhammad Abid juga menyampaikan bahwa keterwakilan perempuan dari partainya lebih dari 40 persen.

Ia mengatakan, PKB mendaftarkan 42 bakal calon legislatif dari 45 kuota yang disiapkan.

Baca juga: 16 parpol daftarkan bacaleg di KPU Sulbar

"Kami mengajukan 42 bakal calon legislatif dari 45 kuota kursi yang dipersyaratkan, dengan persentase lebih 40 persen. Semua kouta penuh di tujuh dapil dan di beberapa dapil kami optimistis mampu menambah perolehan kursi di DPRD Sulbar," kata Muhammad Abid.

Pada pemilihan umum legislatif 2019 kata dia, DPW PKB menargetkan empat sampai lima kursi di DPRD Provinsi Sulbar.

"Kemudian di kabupaten, semuanya kami tergetkan meraih unsur pimpinan, terutama di dua kabupaten yang kami menang pada pada pemilihan bupati dan wakil bupati, yakni di Kabupaten Mamasa dan Polewali Mandar," tutur Muhammad Abid.

Sedangkan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Berkarya Abdul Wahid juga menyampaikan bahwa keterwakilan perempuan di partai yang dipimpin Hutomo Mandala Putra atau yang akrab disapa Tommy Soeharto itu juga lebih dari 40 persen.

"Kami mengajukan 16 bakal calon legislatif laki-laki dan 12 perempuan. Jadi, keterwakilan perempuan sudah lebih 40 persen. Semua dapil terisi semua. Berdasarkan hasil Rapimnas Partai Berkarya di Solo kami targetkan satu kursi satu dapil. Kami optimistis, dapat meraih tujuh kursi di DPRD Sulbar," kata Abdul Wahid.

Pewarta : Amirullah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024