Makassar (Antaranews Sulsel) - Memperingati Hari Pelanggan Nasional,  PT  Pelni Persero menggelar acara khusus berlayar bersama penumpang di atas kapal KM Dorolonda, tujuan dari Pelabuhan Makassar menuju Bau Bau, Sulawesi Tenggara, Selasa.
     
Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Ridwan Mandaliko mengatakan, untuk perayaan Hari Pelanggan Nasional tahun ini, Pelni mengangkat tema 'Bahagia Pelangganku, Senyum Sepanjang Lautan".

"Tema ini sekaligus menjadi tagar yang disematkan di media sosial Pelni, sekaligus sebagai bentuk apresiasi kepada para pengguna jasa kapal Pelni, kami ingin memberikan keceriaan dan kebahagiaan kepada semua penumpang kapal,"  papar Ridwan.
   
Selain itu, kata dia, Pelni terus melakukan perbaikan layanan dan peningkatan fasilitas, dan ingin penumpang kapal menikmati pelayarannya bersama keluarga dengan aman dan nyaman.
   
Berbagi keceriaan Pelni berlayar bersama penumpang ini juga dimeriahkan pedangdut Dinda Permata, termasuk mengajak pula sejumlah selebgram berlayar.
  Suasana pelayaran di Kapal KM Dorolonda, dari Pelabuhan Makassar menuju Bau-bau. PT Pelni merayakan Hari pelanggan dengan ikut berlayar bersama penumpang sebagai bentuk kepedulian dan memanjakan penumpangnya. (Foto ANTARA/Darwin Fator/18) 
   
Berdasarkan  data hingga semester  I tahun ini, sebanyak 1,6 juta orang menggunakan kapal Pelni sebagai moda transportasi laut pilihan.  Hal ini menunjukan masih banyak masyarakat Indonesia yang lebih nyaman dan percaya dengan tetap menggunakan kapal Pelni 
   
Karena itu, kepercayaan masyarakat sebut Ridwan menjadi tugas Pelni untuk menjaga dan meningkatkannya dalam bentuk perbaikan layanan dan fasilitas.
   
Untuk bagian Sumatera, dan sebagian besar masyarakat di Indonesia bagian tengah dan timur, keberadaan kapal Pelni masih menjadi moda pilihan utama masyarakatnya, dan seringkali mempengaruhi aktivitas sosial ekonomi di wilayah tersebut.
   
"Ketergantungan inilah yang wajib kami jawab dengan terus memberikan yang terbaik bagi para pelanggan kami, " tambah Ridwan.
     
Saat ini Pelni sudah semakin mudah di akses 5 juta penggunanya karena pencarian dan pemesanan tiket sudah dapat di akses melalui aplikasi di android. 
   
Pertanyaan dan keluhan penumpang seputar layanan dan jadwal kapal juga dengan mudah ditanyakan kepada agent call center yang berjaga 7x24 jam melalui sambungan telepon 021-162.
   
Di atas kapal, penumpang dapat menikmati berbagai fasilitas seperti restoran, kafetaria yang menghadap ke laut, ruang mini gym, area bermain anak hingga mini theatre. 
   
Pelni kini tengah mengoperasikan 26 kapal reguler yang menyinggahi lebih dari 90 pelabuhan dan 51 kapal perintis yang melayani wilayah terpencil dan memiliki keterbatasan akses transportasi. 
   
Pada bidang logistik, Pelni sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diberikan tugas oleh pemerintah untuk menjalankan lima unit Kapal Tol Laut dengan spesifikasi angkutan kontainer dan dua kapal khusus membawa ternak.
  Suasana penumpang di kapal KM Dorolonda dari Pelabuhan Makassar menuju Bau-bau. PT Pelni merayakan Hari pelanggan dengan ikut berlayar bersama penumpang sebagai bentuk kepedulian dan memanjakan penumpangnya. (Foto ANTARA/Darwin Fatir/18)

 

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024