Makassar (Antaranews Sulsel) - Menteri Pertanian Amran Sulaiman didampingi Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengunjungi pasien korban gempa dan tsunami Palu yang dirawat di Rumah Sakit Wahidin Sudiro Husodo dan Private Center di Makassar, Kamis.

"Kami sangat prihatin, tadi ada satu anak SMA yang kehilangan kedua kakinya, kita tentu sangat berduka, duka Donggala, Palu dan Sigi adalah duka masyarakat Sulsel," kata Nurdin usai kunjungan tersebut.

Ia menambahkan pihaknya menyiapkan 12 rumah sakit untuk melayani pasien pengungsi dari Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Mereka tidak perlu siapkan biaya, semua pemerintah yang menanggung," ujarnya.

Adapun di dua rumah sakit yang ditinjau tersebut terdapat 180 pasien pengungsi. Untuk RS Wahidin data yang diperoleh pasien yang dirawat sejak Sabtu (29/9) hingga Kamis (4/10) tercatat ?sebanyak 115 orang, yang terdiri atas laki-laki 52 orang, dan perempuan 63 orang.

Adapun yang masih dirawat sebanyak 73 orang, pasien yang sudah pulang 40 orang, dan meninggal dunia 2 orang.

Sementara itu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyampaikan telah diperoleh sumbangan sebanyak Rp25 miliar, dan baru saja mendapatkan tambahan Rp500 juta. Sebanyak Rp250 juta kemudian diberikan ke RS Wahidin.

"Kami berterima kasih pada masyarakat Sulsel yang luar biasa peduli pada saudara-saudara kita," ucapnya.

Dalam kunjungan tersebut juga terlihat, Staf Ahli Presiden Ali Mochtar Ngabalin, Wali Kota Makassar Danny Pomanto dan juga Anggota DPR RI Aliyah Mustika Ilham.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024