Makassar (Antaranews Sulsel) - Universitas Islam Makassar (UIM) menghadirkan pemateri Belanda dalam rangka seminar nasional dan kuliah pakar bertajuk "Home Care Solusi Keperawatan di Era Revolusi Industri 4.0" di Auditorium KH Muhyiddin Zain UIM Makassar, Rabu.

"Tips untuk mencegah kanker payudara sejak dini, yakni segera deteksi dini, lakukan perawatan, dan tingkatkan pengetahuan tentang kanker serta mencari solusi yang tepat," kata Bert Van Gaal yang merupakan salah satu pengajar di Utreecht University itu.

Sementara pengajar di Maastricht University Belanda yakni Thai Yang yang membahas materi tentang perawatan di rumah (home care), menjelaskan hal yang perlu diperhatikan bagi perawat, ketika pasien dirawat di rumah, yakni memeriksa keadaan rumah pasien.

"Termasuk membicarakan tentang penyakitnya, dan selalu memberikan harapan atau memberikan keyakinan akan kesembuhan penyakitnya," kata dia

Kemudian, menurut dia, perawat juga harus perhatikan aktivitas pasien selama menjalani perawatan di rumah, memperhatikan asupan nutrisinya, dan perhatikan proses perawatannya.

Rektor Universitas Islam Makassar, Majdah Agus Arifin Nu`mang mengaku bersyukur dengan pelaksanaan kegiatan seminar dan kuliah pakar di era 4.0 tersebut.

Menurut dia, materi yang akan disampaikan oleh pemateri sangat relevan dalam menyongsong revolusi teknologi 4.0, tentunya ini sebagai bekal bagi perawat.

Disisi lain seminar nasional dan kuliah pakar ini sebagai bagian dari penyempurnaan kurikulum berbasis KKNI FIK UIM untuk menjawab tantangan dunia keperawatan dewasa ini.

"Kami sengaja menghadirkan pakar dari Belanda yang merupakan negara maju khususnya dalam bidang kesehatan," sebutnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024