Makassar (Antaranews Sulsel) - Wakil Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut IV (Lantamal) Kolonel Marinir Rasman bersama Direktur Bank Indonesia (BI) Amanlison Sembiring melepas keberangkatan ekspedisi kas keliling ke pulau-pulau di Sulsel.

"Saya mewakili Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono berharap agar sinergitas Lantamal VI dengan para pemangku kepentingan lainnya bisa membantu dan merasakan dampaknya terhadap rakyat, apalagi menjalankan program-program pemerintah," ujar Kolonel Marinir Rasman saat pelepasan di Dermaga Layang Mako Lantamal VI Makassar, Rabu.

Pelepasan ekspedisi ?kas keliling Bank Indonesia ini menggunakan kapal perang KRI Tatihu -853 yang di Komandani Mayor Laut (P) Nurwahidin.

Koloner Rasman yang membacakan sambutannya mengatakan ekspedisi ini berangkat dari Makassar pada 28 November 2018 menuju ke beberapa pulau di wilayah Sulsel.

Pulau-pulau yang menjadi sasaran dari ekspedisi ini antara lain, Pulau Sarappo Lompo, Podang-podang, Pulau Sama Tellu Lompo, Karanrang dan Pulau Kaitan.

"Ada beberapa pulau-pulau yang jaraknya cukup jauh dan berbatasan dengan provinsi-provinsi lainnya. Setelah ekspedisi ini, kapal akan kembali ke Makassar setelah tanggal 3 Desember," katanya.

Kolonel Rasman mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu tugas operasi militer selain perang yaitu dalam rangka mendukung program pemerintah terutama dalam percepatan pertumbuhan dan pembangunan di seluruh wilayah NKRI.

Program tersebut tertuang dalam Undang Undang TNI Nomor 34 tahun 2004 Tentang TNI, di mana tugas pokok TNI salah satuanya adalah membantu tugas pemerintah di daerah.

Sementara itu Direktur BI Amanlison Sembiring dalam sambutannya mengatakan kegiatan kas keliling ini memberikan banyak manfaat, salah satunya dapat meningkatkan penetrasi mengenai inklusi keuangan bagi masyarakat dan juga memberikan pemahaman mengenai sektor ekonomi di Indonesia.

"Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada TNI AL atas terselenggaranya program kegiatan kas keliling ke pulau-pulau yang telah terlaksana dengan baik selama ini," katanya.

Pelepasan ekspedisi kas keliling BI Provinsi Sulsel ke pulau-pulau terdepan, terpencil dan tertinggal (3T) di wilayah Sulsel bersama kapal TNI AL ini telah dilaksanakan beberapa kali di Lantamal VI dengan menggunakan KRI yang berbeda.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024