Makassar (ANTARA News) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menantang seluruh atlet mempertahankan juara umum pada ajang Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines dan Nothern Territory Darwin East Asean Australia Growth Area (BIMPTN-EAGA) di Brunei Darussalam, 7-9 Desember 2018.

Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Senin, mengatakan peluang kembali menjadi yang terbaik sangat besar mengingat kualitas atlet Sulsel yang menjanjikan.

"Tentunya kita optimistis dengan kekuatan atlet. Kita harapkan seluruh atlet bisa menjaga motivasi, mental, dan siap bekerja keras," ujarnya pada acara pelepasan kontingen Sulsel di Kantor Bappeda Sulsel.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya memberikan tips-tips agar bisa meraih prestasi dengan berupaya mengadopsi cara dari tim-tim sepak bola papan atas dunia seperti Barcelona dan sebagainya.

Ia menjelaskan, Barcelona pada saat mempersiapkan diri menghadapi pertandingan penting, rutin melakukan beberapa tradisi seperti di antaranya memutar video ?yang mampu membangkitkan motivasi dan ambisi.

Sementara Chairman BIMPTN-EAGA Jufri Rahman?memberikan apresiasi yang tinggi terhadap komitmen pemerintah dalam hal ini Wagub Sulsel yang memberikan dukungan sehingga para atlet terbaik Sulsel dapat diberangkatkan menghadapi kejuaraan tersebut.

Untuk ajang itu sendiri, bukan hanya bagaimana untuk bisa meriah prestasi olahraga namun memberikan ilmu bagi para atlet ketika suatu saat memiliki takdir menjadi seorang pemimpin.

"BIMPTN-EAGA itu merupakan ajang yang fokus membangun kesepahaman dan persaudaraan diantara para negara anggota. Dan jika ?suatu saat menjadi pemimpin bangsa, maka sudah punya pengalaman untuk menyelesaikan persoalan dengan diplomasi,"jelasnya.

Kontingen Sulsel meraih gelar juara umum pada ajang BIMP-EAGA Ke-9 di Samarinda, Kalimantan Timur, pada 2016. Sulsel berada di peringkat pertama perolehan medali BIMP-EAGA dengan meraih 19 emas, 10 perak, dan 9 perunggu.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024