Mamuju (Antaranews Sulsel) - Pada 2019 Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) akan mengucurkan anggaran Rp9 miliar untuk perbaikan infrastruktur jalan di Desa Ulumanda, Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene.

"Infrastruktur jalan yang melintasi Ulumanda Kabupaten Majene pada tahun 2019 akan dikerjakan. Untuk jalan tersebut?pada 2019 akan mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp9 miliar, yang dimulai dari titik nol," kata Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulbar Muhammad Idris, di Mamuju, Sabtu.

"Dalam pekerjaannya nanti harus dilakukan pengawasan ketat. Dalam hal ini sekretaris provinsi sendiri yang akan mengawasi langsung pekerjaan ini," tambahnya.

Saat ini kata Muhammad Idris, jalan di wilayah Ulumanda tersebut sangat sulit dilalui kendaraan.

"Jadi sudah tidak ada alasan lagi, bahwa kendaraan tidak bisa ke Ulumanda. Infrastruktur jalan ke Ulumanda statusnya adalah jalan provinsi, dan itu merupakan tanggung jawab penuh Pemerintah Provinsi Sulbar," ujar Idris

Terkait pembangunan perkampungan, ia mengharapkan agar semua elemen masyarakat dan jajaran pemerintah, khususnya pemerintah setempat agar memikirkan tentang pelebaran areal perkampungan, karena tiap tahun tentunya akan mengalami perkembangan penduduk.

"Kita harus berbagi peran. Jalan menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi dan perkampungan tentunya menjadi kewenangan pihak kecamatan atau kabupaten," tutur Idris.

Ia juga mengharapkan kepada masyarakat untuk berperan aktif. Ia mengharapkan kerelaan dan keikhlasan masyarakat untuk mengorbankan lahannya ataupun tanamannya, apabila akan dipakai untuk kepentingan umum demi kemajuan daerah tersebut.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Propinsi Sulawesi Barat Andi Ruskati Ali Baal mengatakan bahwa proovinsi ke-33 itu memiliki enam kabupaten yang harus bertanggung jawab untuk memperbaiki sumber daya manusia (SDM), pembangunan sampai dengan infrastrukturnya yang ada.

"Tentu, pemerintah provinsi memiliki tanggung jawab untuk memperhatikan kualitas SDM di enam kabupaten serta perbaikan infrastrukturnya," kata Andi Ruskati.

Pewarta : Amirullah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024