Mamuju (Antaranews Sulsel) - Pemerintah Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat dan University of Canberra Australia tengah menjajaki kerja sama di sektor pendidikan.

Wakil Bupati Majene Lukman, Rabu mengatakan rencana kerja sama itu telah dibahas bersama Asisten Professor Pusat Penelitian STEM (Science Technology, Education and Matematics) University of Canberra Australia Dr Sitti Maesuri Patahuddin.

Pemerintah Kabupaten Majene kata Lukman, menyambut baik peluang kerja sama tersebut.

"Hal ini telah lama diharapkan, terutama Majene sebagai pusat pendidikan di Sulawesi Barat. Saya berharap, OPD terkait dapat menangkap peluang ini. Saya pastikan, penjajakan ini akan berlanjut, semoga kepastianya tidak akan lama," ujar Lukman.

Sementara, Asisten Professor Pusat Penelitian STEM University of Canberra Dr Sitti Maesuri Patahuddin mengatakan, pertemuan tersebut merupakan pertanda baik dan Majene sebagai pusat pendidikan di Sulawesi Barat memiliki semangat untuk memajukan pendidikan di daerah itu.

Ia mengatakan, salah satu ketertarikanya adalah, adanya kontribusi pemerintah daerah yang bisa membuka jalan peluang kerjasama ke depanya.

"Saya melihat keinginan pemerintah?yang positif, bapak wakil bupati dan OPD terkait, mau berbicara sekaligus silaturahmi," kata Sitti Maesuri.

Siti Maesuri yang juga staf pengajar di Australia mengaku, salah satu incaran program bantuan pendidikan oleh pemerintah Australia di Indonesia adalah Sulbar, Sulsel dan Nusa Tenggara Barat.

Beberapa hal yang menjadi perhatian tambahnya adalah menyusun grand desain yang berbasis data dan pengetahuan.

Setelah itu lanjut Sitti Maesuri, dana yang bakal didatangkan akan berdampak pada pengembangn sumber daya.

"Indikatornya ada pada pemerintah daerah. Harus ada keinginan yang kuat, melakukan perubahan, indikasi kegiatan dan memastikan ada koneksi atau jaringan," tutur Sitti Maesuri.

Ia mengaku, telah menjadi dosen selama lima tahun terakhir dan telah menjalankan?proyek di NTB dengan anggaran yang besar, yakni senilai Rp20 miliar.

Khusus di Indonesia lanjutnya, ia fokus pada pengembangan guru, bekerja mendalami teori komunikasi dan membantu guru.

Pewarta : Amirullah
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024