Makassar (Antaranews Sulsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar menerima bantuan kendaraan operasional dari Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan yakni tiga unit mobil angkutan jenazah dan dua unit mobil ambulans untuk digunakan menangani bencana serta melayani masyarakat.

"Bantuan ini salah satu bentuk inovasi dari Pemkot Makassar dalam mendukung upaya penanggulangan bencana sekaligus mendekatkan pelayanan kedaruratan bagi masyarakat," tutur Kepala Pelaksana BPBD, Taufiek Rachman di Makassar, Jumat.

Bantuan mobil operasional tersebut telah diserahkan secara simbolis Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, setelah upacara hari Kedisiplinan Nasional di lapangan Karebosi Makassar.

Menurutnya, bantuan mobil operasional yang di berikan Pemkot guna mendukung upaya-upaya penanggulangan bencana di Kota Makassar utamanya di waktu-waktu penting khususnya di musim penghujan.

Bantuan tersebut, lanjut dia, nantinya akan disiagakan di Posko Terpadu Care and Rescue Centre (Carester) yang terletak di Kecamatan Ujung Tanah.

"Paling diutamakan adalah pelayanan kepada masyarakat, jika terjadi musibah atau bencana dibutuhkan respon cepat dalam penanganannya. Makanya mobil operasional ini kita siagakan di Carester," ujarnya.

Dia menyampaikan Carester yang telah beroperasi selama ini, sudah cukup baik dan maksimal dalam mengantisipasi terjadinya musibah atau bencana.

"Carester selalu siaga 1x24 jam yang diisi oleh gabungan anggota tim terpadu seperti BPBD, Damkar, Dinsos, Dinkes, dan Satpol PP serta termasuk juga anggota kepolisan," katanya.

Taufiek menambahkan, masyarakat yang membutuhkan penanganan kondisi darurat bisa menghubungi posko PB BPBD atau Carester melalui call center 112 Makassar.

"Bagi warga Makassar yang membutuhkan mobil ambulance, angkutan jenazah, home care atau pemadam kebakaran bisa langsung menghubungi call centre 112 Makassar untuk mendapatkan layanan cepat tanggap bencana," tambahnya.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024