Makassar (Antaranews Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah (NA) mengatakan distribusi bantuan ke beberapa titik wilayah terdampak bencana di Sulawesi Selatan telah berlangsung dengan baik.

"Memang awalnya kurang bagus dan susah untuk daerah yang terisolir, karena kita harus menggunakan helikopter," tandasnya.

Hanya saja, menurut NA, dengan bantuan dari TNI dan Polri, pendistribusian bantuan di daerah yang terkena bencana khususnya di Kabupaten Gowa telah dilakukan dengan baik.

Terkait dengan kondisi cuaca Sulawesi Selatan, Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar menyebutkan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai angin kencang tiga hari ke depan (30 Januari - 1 Februari).

Kondisi cuaca tersebut akan melanda Sulawesi Selatan bagian Barat, meliputi Kabupaten Pangkep, Barru, Makassar, Maros, dan Gowa. Begitu pula untuk wilayah Sulsel bagian Selatan, yaitu Kabupaten Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai dan Kep Selayar.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang diperkirakan masih akan terjadi di Sulsel bagian Utara, meliputi Kabupaten Luwu Utara, Luwu Timur, Luwu, Palopo, Tanah Toraja, dan Toraja Utara.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari curah hujan tinggi dan angin kencang tiga hari ke depan," tulis Plt Kepala BMKG Wilayah VI Makassar, Joharman dalam keterangan rilisnya.

Pasalnya, kondisi cuaca ke depan bisa berpotensi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Pewarta : NS Wardhya
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024