Bogor (ANTARA) - Petani dan Pedagang Lidah Buaya di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyampaikan, kebutuhan lidah buaya selama Ramadhan cukup tinggi.

"Setiap panen, selalu ada permintaan lidah buaya ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi," kata Ikun, petani dan pedagang langsung Lidah Buaya di Desa Bojong, Kabupaten Bogor, Rabu.

Aloe vera atau lidah buaya sudah sejak lama dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional di sejumlah negara, dan kini mulai banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Ia mengatakan, selama Ramadhan ini permintaan lidah buaya cukup tinggi. Bahkan setiap hari, hasil panen lidah buaya selalu dikirim ke Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi.

"Selain dikirim ke Jabodetabek, saat bulan Ramadhan ini ada saja konsumen datang langsung beli ke kebun untuk dikonsumsi sendiri," katanya.

Lidah buaya adalah salah satu jenis tumbuhan yang mudah ditanam. Tapi waktu tunggu panen cukup lama, karena masa panen pertamanya tidak sama seperti sayuran lainnya.

Tapi kalau sudah panen pertama, panen berikutnya bisa setiap hari dan berlangsung sampai usia pohon lidah buaya mencapai lima tahun, baru dilakukan pembibitan baru.

Ia mengatakan, biasanya lidah buaya digunakan untuk mengatasi penyakit sembelit, penyakit kulit, cacingan, dan infeksi. 

Pewarta : Ahmadi/M.Ali Khumaini
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024