Makassar (ANTARA) - Sebanyak 450 Jamaah Calon Haji (JCH) gabungan empat daerah yakni Kota Makassar, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Kepulauan Selayar dan Kabupaten Tana Toraja bertolak ke Madinah, Arab Saudi.

"Para tamu Allah ini sudah masuk asrama sejak kemarin, lalu diberangkatkan pagi ini," kata Kakanwil Kemenag Sulsel Anwar Abubakar di Makassar, Senin.

Ia mengatakan, Kloter 2 Embarkasi Makassar ini telah diterima secara resmi oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar untuk kemudian diberangkatkan menuju tanah suci sesuai jadwal sekira pukul 09.10 WITA.

Sementara dari empat daerah yang tergabung pada Kloter 2, untuk Kabupaten Soppeng tidak memenuhi kuotanya, karena dua orang JCH batal berangkat.

Baca juga: Gubernur Sulsel lepas JCH kloter 1 Makassar

Hal itu diakui Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Soppeng Dr H Huzaemah MAg.

Ia mengatakan, dari kuota Kabupaten Soppeng yakni 281 orang yang batal berangkat karena sakit. Jadi yang ada sekarang ini berjumlah 279 jamaah, di mana kuota sebenarnya itu 281 jamaah.

“Mereka sudah mengikuti rangkaian kegiatan haji di daerah, namun karena dinyatakan sakit oleh tim dokter, maka tidak boleh berangkat," ujarnya.

Sementara itu, Kloter 3 asal Kota Makassar, Parepare dan Kabupaten Sinjai masuk di Asrama Haji Sudiang, Makassar hari ini dan selanjutnya akan diberangkatkan ke Madinah pada Selasa (9/7).

Baca juga: Embarkasi Hasanuddin berangkatkan Kloter I jamaah Makassar

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024