Makassar (ANTARA) - Acara Beautiful Malino 2019 menghipnotis masyarakat Sulawesi Selatan atas segala rangkaian acara yang disajikan. Itu terbukti dari jumlah pengunjung yang melampaui target Pemerintah Kabupaten Gowa mencapai 70 ribu orang sehingga turut berimbas pada nilai transaksi hingga Rp28 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gowa Sophian Hamdi berdasarkan keterangan rilisnya, Senin, mengatakan jumlah tersebut melampaui target awal transaksi yakni Rp24 miliar dengan pengunjung 60 ribu orang.

Dijelaskan, nilai ini jika diestimasi dari hasil jika dirata-ratakan dari 70 ribu pengunjung mengeluarkan uang sebesar Rp400.000 ribu per orang untuk kebutuhan penginapan, belanja makan/minum dan kebutuhan lainnya.

"Tentunya perputaran uang yang cukup besar ini akan meningkatkan income perkapita masyarakat bukan hanya di Kota Malino, tetapi juga masyarakat Kabupaten Gowa secara menyeluruh," katanya.

Baca juga: Pemkab Gowa targetkan transaksi Beautiful Malino 2019 capai Rp24 miliar

Ia mengakui acara Beautiful Malino 2019 ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan jika dibandingkan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Sesuai data dan laporan petugas di lapangan, jumlah pengunjung termasuk wisatawan mancanegara yang hadir pada akhir event yang digelar tiga hari itu 12-14 Juli telah mencapai angka 70 ribu.

"Kita harapkan kegiatan ini terus mendapatkan dukungan dari berbagai pihak karena itu pelaksanaannya tahun depan semoga bisa lebih meriah lagi," tutupnya.

Sebelumnya, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dalam pembukaannya mengungkapkan, event Beautiful Malino berhasil mendorong perekonomian masyarakat di wilayah ini sehingga sangat membantu peningkatan kesejahteraan mereka. Kondisi ini terlihat setelah mengelar event serupa tiga kali berturut-turut.

"Event ini memang sangat membantu para pelaku usaha lokal di sini. Makanya kami harapkan ini bisa masuk sebagai kalender wisata nasional agar dapat terus berlangsung di masa-masa akan datang," ungkapnya.

Baca juga: Beautiful Malino ditargetkan masuk dalam kalender Kementerian Pariwisata


Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024