Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas Hulu, Alfiansyah mengatakan ada 93 desa di wilayah Kapuas Hulu akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) pada 2020 mendatang.
 
" Tentu 93 desa itu harus sudah mempersiapkan diri baik terutama calon kades yang memiliki kualitas dapat memajukan desanya masing - masing," kata Alfiansyah, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat.
 
Dikatakan Alfiansyah, masyarakat harus menjadikan Pilkades sebagai ajang pestanya rakyat untuk memilih seorang pemimpin di desa, jadi bukan sebagai ajang saling menciptakan pengotak - ngotakan di tengah masyarakat.
 
Menurut dia, sekarang ini desa memiliki kekuatan otonomi tersendiri bahkan ada undang - undang sendiri terkait desa, sehingga desa membutuhkan seorang kades yang mampu membawa perubahan di desa menuju desa maju dan mandiri.
 
" Pilkades itu memilih pemimpin desa dengan pesta rakyat secara sederhana, jangan sampai terjadi konflik di masyarakat," ucap Alfiansyah.
 
Disampaikan Alfiansyah, siapa saja bisa mencalonkan diri sebagai kepala desa, sesuai ketentuan, namun kembali lagi kepada masyarakat yang bisa menilai seroang calon tersebut.
 
" Utamakan masyarakat demosi atau tempatan di tersebut, jika pun ada orang luar domisi yang jelas harus mampu membangun desa dan merangkul masyarakat agar dapat bersinergi membangun desa," kata Alfiansyah.
 

Pewarta : Teofilusianto Timotius
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024