Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan  mengembangkan tiga komoditas sayuran.

"Pemerintah Sulbar akan lebih menggenjot pengembangan komoditas sayuran untuk meningkatkan produksi pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Sulbar, Muhtar di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan, tahun ini telah dilakukan persiapan uji adaptasi tiga komoditas sayuran di wilayah dataran tinggi Sulbar.

"Komoditas yang dikembangkan itu yakni kol, wortel dan brokoli di atas lahan seluas lima hektare yang berada di Kabupaten Mamasa, Polman, dan Kabupate Majene," katanya.

Menurut dia, jika pengembangan tersebut berhasil,  tahun depan akan diperluas lagi.
"Pengembangan akan menyesuaikan kemampuan keuangan daerah yang digunakan untuk program itu," ujarnya.


 Ia mengaku, optimis rencana aksi pengembangan komoditas itu akan berhasil.
"Apalagi Bappeda dan Balitbangda Sulbar sangat mendukung begitu juga stakholder lain di lingkup Pemprov Sulbar juga akan mendukung," katanya.

Menurut Muhtar, potensi pengembangan sayuran di Sulbar sangat besar sehingga diperlukan intervensi pemerintah yang lebih maksimal atau efektif dan juga inisiatif serta kreativitas para petani.

"Kami berharap pemerintah pusat juga mendukung program ini," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024