Mamuju (ANTARA) - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat menggelar pekan pelayanan publik untuk mendekatkan instansi pelayanan publik dengan masyarakat.

Kepala Ombudsman Sulbar Lukman Umar di Mamuju, Rabu, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menggelar pameran pelayanan publik oleh sejumlah instansi pemerintah di Sulbar.

Ia mengatakan instansi pemerintah yang mengikuti kegiatan tersebut di antaranya instansi pelayanan publik dasar, seperti pelayanan Samsat, pelayanan perpanjangan SIM, pelayanan BPJS Kesehatan, pelayanan Bank Sulselbar.

Kemudian pelayanan Imigrasi, Bank BNI, pelayanan kependudukan dan catatan sipil, pelayanan kesehatan, pelayanan pajak oleh Bappeda, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), pelayanan pengurusan SKCK Sat Intelkam Polres Mamuju, dan pelayanan Pusat Pengaduan Ombudsman Sulbar.

Ia mengatakan, pada kegiatan itu juga dilaksanakan lomba mewarnai yang diikuti sekitar 100 murid sekolah dasar dan SMP dari beberapa daerah di Sulbar.

"Kegiatan itu adalah salah satu terobosan untuk mendekatkan instansi pelayanan tingkat dasar kepada masyarakat dan dalam rangka menyosialisasikan tugas pokok dan fungsi Ombudsman kepada masyarakat," katanya.

Ia berharap masyarakat bisa melihat langsung pelayanan dasar dan bagaimana Ombudsman melakukan pengawasan untuk memastikan jalannya pelayanan publik yang baik.

"Masyarakat diharapkan semakin memahami tupoksi Ombudsman dan paham bahwa tugas utama Ombudsman adalah mengawasi pelayanan publik," katanya.

Ia juga berharap organisasi perangkat daerah (OPD) pelayanan semakin dipahami fungsinya oleh masyarakat.

"Dengan kegiatan ini pola pelayanan publik di instansi pelayanan sudah dapat menerapkan prinsip, tepat, cepat, dan mudah sehingga pelayanan publik dapat dirasakan dengan baik oleh masyarakat," ujarnya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024