Malili (ANTARA) - Bupati Luwu Timur, Muhammad Thoriq Husler menyerahkan bantuan 100 sak semen untuk membantu pembangunan  Pura Tri Karma Yoga di Desa Kalaena Kiri, Luwu Timur, Minggu (13/10).

Husler mengatakan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur (Pemkab Lutim) siap membantu program prioritas kabupaten setempat yakni hibah bantuan rumah ibadah.

"Sepanjang ada proposalnya, Pemkab siap membantu karena ini memang program prioritas. Olehnya itu panitia pembangunan segera masukkan proposalnya agar bisa dipersiapkan anggarannya," kata Husler saat menyerahkan bantuan semen di sela-sela upacara Piodalan Purnama Kapat atau Pujawali untuk memperingati Hari Lahir Pura tersebut, sekaligus melakukan peletakan batu lanjutan pembangunan Pura Tri Karma Yoga.

Bupati menambahkan, meski tidak seluruhnya namun bantuan hibah ini diberikan untuk membantu masyarakat menyelesaikan rumah ibadahnya.

Husler  juga menyampaikan apresiasi kepada umat Hindu yang aktif melaksanakan upacara-upacara keagamaan seperti ngenteg linggih, piodalan dan upacara keagamaan lainnya serta mendukung semua aktivitas keagamaan.

Bupati pada kunjungan tersebut disambut Tari Pendet dan Tari Tombak persembahan anak- anak Pasraman Tri Karma Yoga. Tidak ketinggalan Tarian Rejang Renteng dan Tarian Rejang Sari persembahan Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kecamatan Kalaena. Upacara Piodalan Purnama Kapat ini dipimpin oleh Ide Pandita Sri Mpu Buana Putra dari Griya Suci Batara Guru.

Terkait pelaksanaan Utsawa Dharmagita (UDG) tingkat Kabupaten Luwu Timur di Desa Lakawali Kecamatan Malili yang berlangsung sukses, Bupati mengingatkan untuk mempersiapkan UDG Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang juga di pusatkan di Luwu Timur pada November mendatang.

"Persiapkan dengan baik karena kita dipercaya sebagai tuan rumah UDG Provinsi Sulawesi Selatan di Kertorahajo," ungkap Husler.

Pewarta : Julius
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024