Malili (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Luwu Timur ( Pemkab Lutim) bekerjasama dengan Pusat Pelatihan, Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) Makassar dalam melakukan penataan kelembagaan Pemerintahan.

Kepala Puslatbang KMP LAN Makassar Andi Taufik bersama tiga timnya Sulaeman Fattah, Ahmad Sukarno Syahrir dan Avrina Dwijayanti, melakukan ekspose penataan kelembagaan Pemkan Lutim yang dihadiri  Bupati Lutim Muhammad Thoriq Husler dan para kepala OPD setempat di Aula Rumah Jabatan Bupati Lutim, Malili, Jumat malam (18/10).

Bupati Luwu Timur menyampaikan apresiasinya atas dukungan dan bantuan Puslatbang KMP LAN Makassar untuk membantu pemerintah daerah dalam penataan kelembagaan.

"Hasil dari ekspose ini akan menjadi bahan pembahasan lanjutan untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," kata Husler.

Kepala Puslatbang KMP LAN Makassar Andi Taufik mengatakan Penataan perangkat daerah merupakan bagian dari proses perubahan organisasi dalam upaya mengantisipasi berbagai kecenderungan yang berkembang.

Penataan organisasi tersebut, kata dia diharapkan dapat menjadikan kinerja pemerintah daerah menjadi lebih efektif dan efisien.

Ia menambahkan analisis terhadap kebutuhan Perangkat Daerah menghendaki adanya evaluasi terhadap kondisi eksisting Perangkat Daerah.

Hasil evaluasi akan mengakibatkan perubahan organisasi Perangkat Daerah berupa pembentukan unit baru, penggabungan unit-unit yang sudah ada, penghapusan unit-unit dan perubahan fungsi- fungsi unit.

LAN Makassar memberikan beberapa rekomendasi dari hasil ekspose antara lain penyesuaian penataan kelembagaan OPD seperti Satpol PP Tipe B, Pemadam Kebakaran Tipe B, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tipe A, Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Tipe A, Dinas Komunikasi dan Informatika Tipe A.

Selanjutnya Dinas Perikanan Tipe B, Dinas Ketahanan Pangan Tipe A, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Tipe B , Badan Pengelola Keuangan Daerah Tipe A, Badan Pendapatan Daerah Tipe A, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Tipe A, dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Tipe A.

Pewarta : Julius
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024