Malili (ANTARA) - Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kecamatan Wotu, Kabupaten Luwu Timur (Lutim)  menggelar penyuluhan hukum dan pengelolaan dana desa yang dibuka Bupati Luwu Timur HM Thoriq Husler di Gedung Serba Guna Nusantara Kantor Desa Madani, Selasa,  (22/10).

"Penyuluhan ini bagian dari pembinaan aparatur dalam upaya peningkatan kapasitas aparatur pemerintah. Yang diprioritaskan pada pembentukan sosok aparatur yang memiliki kualitas dan kompetensi yang tinggi," kata Husler saat membuka acara yang diikuti ratusan aparat desa mulai dari kepala desa (Kades), sekretaris desa (Sekdes), kepala dusun serta Kaur Keuangan desa/ dusun untuk dibekali pemahaman hukum tentang tindak pidana korupsi dan pengelolaan dana desa.

Bupati Luwu Timur H. M. Thoriq Husler sangat mengapresiasi Apdesi Kecamatan Wotu atas inisiatif menyelenggarakan kegiatan penyuluhan hukum ini.

Menurut dia, kegiatan yang digelar itu sebagai salah satu langkah positif dalam meningkatkan pengetahuan aparatur dalam memahami ketentuan dan prosedur pengawasan, mengingat saat ini semakin banyak anggaran yang dikelola oleh desa maka semakin besar pula tanggung jawab para aparat untuk menjadikan pengelolaan keuangan desa secara akuntabel, transparan adil dan merata.

Bupati menyampaikan bahwa dengan terealisasinya kegiatan penyuluhan hukum bagi aparatur se-Kecamtan Wotu ini diharapkan seluruh aparatur desa khususnya kepala desa mampu melakukan pencegahan terhadap upaya penyalahgunaan wewenang dan tindakan melawan hukum serta meningkatkan kerjasama secara menyeluruh antara desa dan instansi terkait.

"Mari kita saling berhati-hati dalam penggunaan anggaran agar terhindar dari jerat hukum seperti yang lainnya dan tetap bekerja dengan baik sesuai peraturan dan hukum yang berlaku," ujarnya.

Pewarta : Julius
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024