Manokwari (ANTARA) - Bupati Pegunungan Arfak, Yosias Saroi mengharapkan agar Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) yang telah terbentuk membantu pemerintah daerah mempromosikan pariwisata daerah tersebut.

"HPI sebagai wadah himpunan pemandu wisata yang telah terbentuk di pegunungan Arfak diharapkan dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memajukan pariwisata daerah demi kesejahteraan masyarakat," kata Bupati Yosias Saroi di Manokwari, Selasa.

Dia menjelaskan bahwa pemerintah daerah sedang mempersiapkan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di pegunungan Arfak terutama kawasan destinasi wisata guna mendukung peningkatan kunjungan wisatawan.

Selain itu, ujar dia pemerintah daerah juga sedang mempersiapkan peningkatan pembangunan bandara Anggi pegunungan Arfak sehingga pesawat sejenis ATR bisa mendarat agar kunjungan wisatawan meningkat.

"Pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, dan bandara mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat sebagaimana yang diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo saat kunjungannya di pegunungan arfak Oktober 2019," terangnya.

Menurutnya, kehadiran HPI tentunya sangat membantu pemerintah daerah guna memperkenalkan potensi daerah ke dunia luar. Tidak hanya itu, masyarakat setempat tidak lagi menjadi penonton, tetapi terlibat aktif melayani wisatawan yang berkunjung.

Ketua HPI Provinsi Papua Barat, Matias Rumbruren yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa HPI kabupaten pegunungan Arfak telah terbentuk dan menjadi ujung tombak bagi pariwisata setempat.

Dia berharap pengurus DPC HPI kabupaten pegunungan Arfak dapat bersinergi dengan pemerintah daerah setempat untuk sama-sama mempromosikan potensi pariwisata daerah ke dunia luar.

Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024