Makassar (ANTARA) - Anggota DPD RI Tamsil Linrung mengatakan Gubernur Sulawesi Selatan Prof HM Nurdin Abdullah merupakan sosok yang memiliki komitmen tinggi membangun Provinsi Sulsel dengan keberanian mengalokasikan anggaran sektor pendidikan provinsi ini sebagai tertinggi di Indonesia yakni sebesar 39,89 persen.

"Saya berbisik di samping beliau (Gubernur Sulsel), ini tertinggi di seluruh provinsi di Indonesia. 'Ia betul', kata Pak Gub. Terima kasih Pak Gub, pendidikan ini harus menjadi hal yang harus sangat kita beri perhatian," ujarnya pada acara wisuda Karantina Tahfidz Nasional (KTN) Darul Istqamah di Makassar, Sabtu.

Ia juga memberikan apresiasi yang tinggi atas dedikasi dan komitmen mantan Bupati Bantaeng dua periode itu dalam memajukan dunia pendidikan Sulsel.

"Dibuktikan dengan alokasi anggaran untuk sektor pendidikan yang saya juga kaget," tambah Tamsil.

Ia menyampaikan, Nurdin Abdullah melakukan terobosan dalam bidang pengembangan sumber daya manusia dan pendidikan di provinsi tersebut.

Yakni memberikan alokasi anggaran belanja daerah untuk sektor pendidikan sekitar 39,89 persen dari total APBD 2020.

Mantan anggota DPR RI itu menjelaskan, untuk memperjuangkan sesuai dengan 'mandatory spending (belanja atau pengeluaran negara yang sudah diatur undang-undang) hingga 20 persen sudah sangat luar biasa.

"Saya termasuk yang di dalamnya setengah mati memperjuangkan itu. Untuk menelorkan sistem pendidikan nasional untuk mengalokasikan mandatory 20 persen itu," sebutnya.

Ia mengatakan pernah melampaui mandatory spending sebesar 21,03 persen. Sedangkan yang dicapai Nurdin Abdullah hampir 40 persen adalah angka yang luar biasa.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Amirullah
Copyright © ANTARA 2024