Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah memimpin Apel Siaga Bencana di Lapangan Karebosi Makassar, Rabu,(8/1). ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulsel Gubernur Sulawesi Selatan Prof HM Nurdin Abdullah memastikan pemerintah hadir di tengah masyarakat yang mengalami bencana atau musibah.

"Kami pastikan pada rakyat bahwa pemerintah hadir," kata Nurdin Abdullah pada Apel Siaga Bencana di Lapangan Karebosi, Makassar, Rabu.

Ia mengemukakan, termasuk di Sulsel, di musim hujan di awal tahun ini telah terjadi musibah, seperti angin puting beliung di Kabupaten Sidrap. Pada bencana itu ribuan rumah mengalami rusak, mulai dari ringan, sedang dan berat.

"Ini lagi kami data, kita punya dana tanggap darurat," kata Nurdin Abdullah.

Pemprov, katanya, telah menyiapkan dana darurat untuk Sulsel sebesar Rp20 miliar. Dana itu untuk penanggulangan bencana, baik tahap prabencana, saat tanggap darurat atau pascabencana.

Gubernur juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu-membahu memberikan bantuan dan pertolongan jika terjadi bencana.

"Saya bilang, semuanya mudah, ketika terjadi apa-apa, kita masing-masing mengambil peran," ujarnya.

Menurut dia, setiap elemen di masyarakat harus hadir dengan fungsi dan tugasnya masing-masing. Demikian juga dengan pemerintah provinsi dan pemerintah daerah, termasuk jika bencana banjir terjadi.

"Siapa mengerjakan apa, apa fungsinya masing-masing. Ketika terjadi sesuatu yang tidak kita minta-minta, semua bisa bergerak, termasuk yang membidangi logistik," ujarnya.

Ia juga mengingatkan bahwa peran serta masyarakat juga sangat diharapkan untuk membantu di tengah keterbatasan pemerintah. "Makanya, kami ketuk hati masyarakat yang berpunya. Ketika terjadi apa-apa kita beramai-ramai (membantu)," katanya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024