Mamuju (ANTARA) - Ombudsman Provinsi Sulawesi Barat meminta agar status Polres Kabupaten Mamuju ditingkatkan menjadi Polres Kota Mamuju.

"Mengingat jumlah penduduk Kota Mamuju dan status tingkat kerawanan status Polres Kabupaten Mamuju diminta untuk ditingkatkan menjadi Polres Kota Mamuju," kata Kepala Ombudsman Sulbar, Lukman Umar di Mamuju, pada rapat koordinasi Ombudsman Sulbar dan Polda Sulbar di Mamuju, Sabtu.

Ia mengatakan, selain Polres Kabupaten Mamuju, Polres Kabupaten Polman juga mesti ditingkatkan menjadi Polres Kota Polman.

Menurut dia, Ombudsman Sulbar sangat mengapresiasi Polda Sulbar atas respon cepat yang diberikan di setiap kejadian yang ada di masyarakat.

Sehingga tingkat kepercayaan masyarakat kepada Polri khususnya di Sulbar juga semakin meningkat.

Ia menyampaikan, Ombudsman Sulbar dan Polda Sulbar telah membahas tentang pengaduan masyarakat dan kerjasama program pelayanan masyarakat.

Kapolda Sulbar, Brigjend Baharuddin Djafar juga mengapresiasi pihak ombudsman yang selalu memantau pelayanan kepolisian khususnya pada respon pengaduan masyarakat.

"Hal tersebut tentu juga akan menjadi acuan Polri untuk tetap eksis dan semakin profesional dalam melaksanakan tugas," katanya.

Kapolda juga meminta pihak ombudsman untuk tidak segan melaporkan kinerja buruk kepolisian di sulbar agar dapat mengevaluasi dan memperbaiki jika ada kesalahan.

"Terkait peningkatan tipe Polres Polman, itu masih tetap kebijakan Mabes Polri melalui berbagai pertimbangan yang ada, namun jika dukungan dari pemerintah setempat terus diberikan tidak menutup kemungkinan type Polres Polman juga bisa dinaikkan," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024