Makassar (ANTARA) - Festival Kepemimpinan Perempuan merangkum organisasi massa untuk sama-sama menekan perkawinan anak di Sulawesi Selatan yang merupakan tertinggi kelima secara nasional.

"Festival dalam rangka memperingati International Woman Day 2020, Koalisi Stop Perkawinan Anak Sulsel dengan sejumlah lembaga nonpemerintan ini menggelar sejumlah kegiatan," kata Lusi Palulungan dari MAMPU Cowater di Makassar, Sabtu.

Sejumlah kegiatan  memperingati Hari Perempuan Internasional bersama AIPJ2, IOM, FPPM, MAMPU Cowater, DPPPA Sulsel, PWKI Sulsel, OASE Intim dan BaKTI, dimulai dengan kegiatan senam bersama, kuliner makanan migrant (gratis), bazaar produk pemberdayaan perempuan, talk show perempuan inspiratif dan Penganugerahan Penghargaan Pria Inspiratif 2020.

Selain itu juga digelar sosialisasi Perbup Kabupaten Maros tentang Pencegahan Perkawinan Usia Anak, presentasi analisis anggaran dan peragaan busana migrant.

Adapun tujuan kegiatan ini selain untuk memperingati IWD, juga untuk terus mengkampanyekan kesetaraan gender untuk kemajuan perempuan dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan.

Tema Internasional IWD 2020 adalah "Each For Equal". Sedangkan tema nasional adalah Kesetaraan dalam Keluarga, Sumber Daya dan Kepimimpinan.

Pada talkshow akan menampilkan para perempuan inspiratif yang merupakan dampingan IOM, YKPM dan Aisyiyah Sulsel yang menceritakan pengalamannya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan khususnya kemandiriannya dalam situasi migrasi, advokasi kekerasan terhadap perempuan dan pencegahan perkawinan anak.

Penganugerahan Penghargaan bagi Pria Inspiratif dilakukan oleh FPPM (Forum Perempuan Pemimpin Makassar) bagi para pria yang telah mendukung pemberdayaan perempuan dan keberagaman beragama di Makassar.

Khusus di Sulsel mengusung tema Kesetaraan dalam Keluarga untuk Pencegahan Perkawinan Anak Menuju Kemajuan Bangsa. Kegiatan ini sekaligus mengkampanyekan pelestarian lingkungan dengan mengimbau masing-masing peserta membawa tumbler. Suasana rangkaian peringatan Hari Perempuan Internasional yang digelar koalisi ormas dan lembaga non pemerintah di kawasan Taman Pakui, Sabtu (14/3/2020). ANTARA Foto/HO/L Palulungan

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024