Makassar (ANTARA) - Sejumlah hotel di Makassar melakukan aksi preventif terhadap penyebaran COVID-19 atau Virus Corona agar para tamu tetap merasakan kenyamanan dalam menginap.

"Pemerintah sudah mengeluarkan warning antisipasi penyebaran virus corona yang juga berdampak pada sektor pariwisata, karena itu kami dari pihak perhotelan segera menyikapi," kata General Manager Hotel Best Western Plus Makassar Beach, Saeno Kunto di Makassar, Selasa.

Saeno mengatakan pihaknya melakukan beberapa aksi pencegahan untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran virus yang dapat terjadi di area hotel.

Salah satu upaya itu, lanjut dia, dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala di area publik hotel, mulai dari lobby, restoran, area kolam renang, area parkir, ruang pertemuan, hingga kamar dan koridor.

Upaya lainnya adalah pengukuran suhu tubuh sebelum memasuki area hotel dan menyediakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di setiap area publik seperti lobby dan restoran.

Selain aksi preventif untuk tamu, juga dilakukan beberapa langkah bagi seluruh karyawan hotel yaitu pengukuran suhu tubuh pegawai yang sedang 'on duty', dan memberikan sosialisasi tentang COVID-19.

"Kami gencar melakukan aksi preventif agar dapat mencegah kemungkinan terjadinya penyebaran virus corona, karena tamu merupakan prioritas utama bagi kami," katanya.

Hal senada juga dilakukan pihak manajemen Hotel Santika di Makassar melalui PR Hotel Santika, Arin.

Dia mengatakan, selain tamu yang menjadi perhatian utama dalam pencegahan infeksi virus corona, juga seluruh karyawan hotel yang menjadi aset penting perusahaan.

Dengan adanya imbauan dari pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah setempat, hotel-hotel di Makassar mulai kelas melati hingga bintang lima seperti Hotel Claro dan Hotel Aryaduta juga telah meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran COVID-19. Penyemprotan desinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona di Hotel Best Western dan Losari Beach di Makassar, Selasa (17/3/2020). ANTARA Foto/HO/Arief

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024