Mamuju (ANTARA) - Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan uji kepatuhan pelayanan publik tahun 2020 di Kabupaten Mamasa.

Wakil Bupati Mamasa Martinus Tiranda menyambut kunjungan kerja Kepala Ombudsman di Kabupaten Mamasa, Sabtu.

Kepala Ombudsman Sulbar Lukman Umar mengatakan pihaknyamelakukan konsolidasi dengan wakil bupati Mamasa berkaitan dengan tindaklanjut tahapan uji kepatuhan tahun 2020 yang akan mengarah ke opini layanan publik.

Ia mengatakan selain melakukan uji kepatuhan, tim Ombudsman juga sekaligus melakukan koordinasi penyelesaian sejumlah pengaduan masyarakat dilingkungan Pemda Mamasa.

Ia menyampaikan enam kabupaten di Sulbar pada tahun 2019 sebagian besar sudah mendapat predikat rapor hijau termasuk Kabupaten Mamasa.

"Bappenas RI memandang program uji kepatuhan Ombudsman penting untuk dilanjutkan sesauai rencana pembangunan nasional 2020-2024, sehingga uji kepatuhan dilaksanakan di Mamasa," katanya.

Ia berharap pemerintah di Mamasa memperbaiki kualitas layanan, bukan lagi sebatas pemenuhan komponen seperti misi, misi maklumat layanan, persyaratan, system, mekanisme dan prosedur, waktu penyelesaian, biaya, produk layanan, pengaduan internal.

Ia juga meminta, dukungan semua pihak bersama membangun kolaborasi dalam mendorong pelayanan publik yang baik dan berkomitmen meningkatkan kualitas layanannya.

"Pelayanan publik yang berkualitas akan mengikis habis kesenjangan yang masih kental dalam pelayanan kita hari ini konsolidasi terkait uji kepatuhan tahun 2020, ini akan dilakukan disetiap kabupaten sebagai bentuk kerja kolaborasi dan membangun komitmen bersama untuk perbaikan layanan," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024