Makassar (ANTARA) - PT Sampoerna Tbk kolaborasi Jurnalis Peduli Kemanusiaan (JPK) Sulawesi Selatan untuk menyalurkan 5.000 bantuan masker medis dan 100 liter cairan disinfektan kepada Pemerintah Kota Makassar di Posko Induk Gugus Tugas COVID-19 Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kami dari Pemkot Makassar mengucapkan terima kasih atas bantuan ini. Pemberian masker medis tersebut sangat membantu tenaga medis apalagi masker medis sangat sulit ditemukan sekarang ini," tutur Pejabat Wali Kota Makassar M Iqbal Suhaeb di sela penyerahan bantuan di posko Induk COVID-19 Makassar, Selasa.

Menurut Iqbal, pemberian bantuan itu sebagai bentuk dukungan dan partisipasi berbagai elemen terhadap upaya penanganan Pandemi COVID-19 di Makassar maupun Sulsel secara umum.

Rencananya bantuan masker medis itu akan didistribusikan ke seluruh puskesmas dan rumah sakit di Kota Makassar untuk digunakan para medis merawat pasien korona.

Tim inisiator JPK Sulsel Nurdin Amir mengatakan dukungan dari Sampoerna diharapkan mampu dimanfaatkan optimal dalam penanganan pandemi di Kota Makassar.
Selain itu, pihaknya juga bersiap untuk mendistribusikan sejumlah item bantuan dari Sampoerna bagi masyarakat, jurnalis dan tenaga medis.

Jumlah bantuan yang akan didistribusikan di luar bantuan ke Posko Induk COVID-19 oleh KPK Sulsel yakni 750 lembar masker kain untuk masyarakat serta 1.000 lembar masker bedah. 

Selain itu, JPK Sulsel juga menerima bantuan 100 paket hygiene dan kesehatan, masing-masing berisi masker kain, dan handsanitizer serta 14 tablet vitamin bagi jurnalis yang saat ini berjibaku dalam garda terdepan menyampaian informasi aktual perihal situasi penanganan dan dampak pandemi di Kota Makassar.

"Bantuan sekecil apapun akan sangat membantu tenaga medis dan masyarakat yang terdampak untuk ikut melawan virus korona," kata Ketua AJI Makassar itu.

Sebelumnya, Sampoerna untuk Indonesia juga telah merealisasikan bantuan berupa 100 paket APD full set yang diterima oleh Ketua Gugus Tugas COVID-19 Sulsel Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

JPK Sulsel terbentuk atas inisiasi dari sejumlah organisasi pers di antaranya Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulawesi Selatan, Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024