Makassar (ANTARA News) - Koran Seputar Indonesia terbitan Makassar mendominasi pemberian penghargaan anugerah Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) untuk media cetak dan jurnalis yang digelar di Makassar, Kamis.

Dari enam jenis penghargaan yang diperlombakan, lima di antaranya diperoleh oleh Seputar Indonesia (Sindo) Makassar baik itu kategori "Jumlah Berita dan Penempatan Halaman" serta kategori "Tulisan dan Pelanggaran Kode Etik Jurnalistik".

Setelah Sindo Makassar, koran lokal Harian Fajar menduduki posisi kedua dengan menyabet empat jenis penghargaan diantaranya kandidat media yang memberikan pada isu lingkungan dan tata ruang, isu perempuan, media dengan pelanggaran Etika Jurnalistik paling sedikit serta kategori jurnalis penulis tata ruang dan lingkungan.

Sementara koran Tribun Timur Makassar hanya memperoleh tiga jenis penghargaan, yang disusul media lainnya seperti Berita Kota Makassar, Ujungpandang Ekspress dan Pare Pos yang masing-masing memperoleh dua jenis penghargaan.

Direktur Jurnal Celebes Mustam Arif di sela-sela pemberian penghargaan itu mengaku penghargaan itu diberikan setelah pihaknya melakukan pemantauan sekitar empat bulan yang lalu terhadap tujuh media cetak (surat kabar) yang terbit di Makassar.

Dia mengharapkan, pemberian penghargaan atau apresiasi terhadap pengelola media maupun jurnalis di Makassar dapat mendorong pekerja media untuk terus meningkatkan kualitas pemberitaan.

Meskipun, lanjut dia riset yang dilakukan masyarakat sipil ini masih memiliki banyak keterbatasan, dia berharap kajian-kajian ke depannya bisa jauh lebih baik. (T.KR-HK/Z002/F003)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024