Gowa (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menerima bantuan penanganan virus corona baru atau COVID-19 dari Komunitas Untuk Kita.Id berupa bilik "Swab Chamber" dan alat pelindung diri (APD) lainnya.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di Gowa, Sabtu mengatakan bantuan yang diterima Tim Gugus Tugas COVID-19 Gowa ini sangat bermanfaat bagi para tenaga medis yang masih berjuang melawan virus Corona tersebut.

"Virus Corona ini masih menjangkiti warga dan pasien COVID-19 masih cukup banyak. Tim medis kita masih berjuang di garis terdepan dan bantuan demi bantuan masih terus dibutuhkan agar bisa survive di lapangan," ujarnya.

Komunitas Untuk Kita Id adalah organisasi non profit yang dibuat untuk menggalang dana bagi seluruh RS, klinik, ataupun puskesmas di wilayah Sulawesi Selatan yang membutuhkan Alat Perlindungan Diri (APD).

Adnan mengatakan bantuan berupa Swab Chamber sangat berguna untuk meminimalisir kontak fisik antara tenaga medis dengan pasien terduga terpapar COVID-19.

Dia menyatakan, saat ini pihaknya terus menggalakkan pemeriksaan tes cepat atau rapid test kepada warga Gowa, baik di perbatasan maupun di pasar-pasar tradisional yang ada di Gowa.

Hasil pemeriksaan dari rapid test jika ditemukan ada yang reaktif, maka akan dilakukan tes lanjutan yakni dengan mengambil cairan tenggorokan atau swab tes.

"Dengan adanya swab chamber ini kan perlu khawatir lagi karena sudah ada bilik khususnya yang menghindarkan kontak fisik tenaga medis kita dengan orang yang terduga terpapar COVID-19 ini," katanya.

Sementara itu, Ardiansyah yang merupakan bagian dari tim Untuk Kita Id mengatakan bahwa pihaknya menyerahkan bantuan berupa baju hazmat 20 lembar, delivery chamber 1 unit, swab chamber 1 unit.

"Bantuan kami dalam rangka membantu penanggulangan pandemi Covid-19 kepada para petugas medis sebagai pejuang garda depan," kata Ardiansyah.

Bantuan dalam bentuk hazmat, delivery booth dan swabbing booth ini kata Ardiansyah dapat membantu tenaga medis dalam menjalankan tugas dan mengurangi penggunaan APD.

Olehnya yang juga Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa ini berharap pandemi Covid-19 ini dapat cepat berlalu di Kabupaten Gowa.

Ia juga mengajak masyarakat untuk ikut mengulurkan tangan dan berkontribusi memerangi Covid-19 dengan cara ikut berdonasi. Hasil donasi akan digunakan untuk membeli APD maupun bahan makanan atau sembako.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024