Meulaboh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat berencana melakukan penataan kali Lueng Aneuk Ayee Meulaboh sebagai pusat perekonomian dan jajanan rakyat untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah  setempat.

Tidak hanya itu, penataan saluran air di Lueng Aneuk Ayee Meulaboh, juga diharapkan dapat mewujudkan Aceh Barat sebagai salah satu daerah yang akan dinilai oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, untuk mendapatkan Adipura sekaligus menciptakan kota yang sehat, bersih dan nyaman.

“Nantinya, pemerintah daerah akan menutup bagian atas saluran air tersebut dengan pengecoran secara permanen, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan areal tersebut untuk berdagang tanpa mempengaruhi fungsi kali dan aliran air,” kata Bupati Aceh Barat, Ramli MS di Meulaboh, Selasa.

Menurutnya, upaya tersebut dilakukan agar ke depan masyarakat yang selama ini berjualan di pinggir jalan di sekitar Kompleks Pasar Induk Bina Usaha Meulaboh, bisa memanfaatkan lapak pasar yang selama ini sudah disediakan oleh pemerintah daerah.

Hal ini juga salah satu strategi pemerintah untuk mengurai kemacetan di kompleks pasar sekaligus melakukan penataan pasar agar lebih bersih dan sehat.

“Kalau pada siang hari bagian atas kali tersebut dijadikan sebagai tempat parkir, pada malam hari lapak ini bisa dipakai untuk berjualan aneka jajanan rakyat,” kata Ramli MS menambahkan.

Menurutnya, salah satu program kerja Pemerintah Kabupaten Aceh Barat yaitu untuk mendorong agar pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya masyarakat kecil, agar ke depan semakin lebih baik.

Hal ini tentunya diperlukan peran pemerintah daerah dalam menyediakan sarana agar masyarakat leluasa dalam mencari nafkah untuk kebutuhan sehari-hari, katanya.

Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor : Suriani Mappong
Copyright © ANTARA 2024