Mamuju (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Ali Baal Masdar meminta pihak perbankan lebih selektif memberikan kredit kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Perbankan diminta dapat lebih selektif memberikan kredit kepada masyarakat di tengah pendemi COVID-19, dan tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan," kata dia saat menerima kunjungan Kepala Cabang Bank BRI Kabupaten Mamuju di Mamuju, Kamis (9/7).

Ia mengatakan pihak perbankan hendaknya dapat terus berbuat lebih baik dan tidak berhenti membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama karena dampak pandemi yang telah melanda seluruh negara di dunia itu.

"Perbankan diminta membantu kredit masyarakat agar dapat terus berusaha ke arah yang lebih maju dan terhindar dari kemiskinan dan berbagai kesusahan," katanya.

Gubernur Sulbar Ali Baal juga menyatakan optimistis bahwa perkonomian bisa digerakkan dari kelumpuhan dampak pandemi COVID-19.

"Pemerintah sudah bisa mulai menggerakkan perekonomian secara perlahan-lahan dan memulihkan segala sektor yang lumpuh akibat pandemi COVID-19," katanya.

Kepala Cabang BRI Kabupaten Mamuju Sami mengatakan pihaknya akan melakukan ekspansi kredit dan tetap fokus pada pembangunan usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) pada masa pandemi saat ini, untuk memastikan sektor pangan dan penunjang pangan agar tetap aman.

"Menciptakan kestabilan perekonomian yang lebih baik, dengan menggerakkan sektor penunjang sembako, seperti beras, sawit, dan komoditas pangan lainnya, untuk pemenuhan pangan bagi masyarakat akan menjadi sasaran kredit BRI Mamuju," katanya.

Ia juga berharap, pemerintah dapat lebih mendukung kegiatan perbankan, agar dapat terus melakukan ekspansi kredit yang ditopang dengan sumber dana yang baik serta sehat.

"Kami berharap dapat diberi kepercayaan untuk mengelola dana pemerintah daerah sehingga dapat lebih maksimal berkontribusi, khususnya dalam menyalurkan kartu kredit UMKM, agar dapat membantu menggerakkan perekonomian Sulbar ke arah yang lebih maju ke depan," ujarnya.
 

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024