Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah meresmikan Balla Ewako di Kabupaten Maros, Sabtu, yang akan dijadikan pusat edukasi COVID-19 kepada masyarakat, Sabtu.

Gubernur Nurdin Abdullah mengatakan Balla Ewako yang dibangun di Desa Sudirman, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, ini sekaligus menjadi bukti kolaborasi dan sinergitas TNI, Polri, Pemerintah, dan masyarakat dalam menghadapi dan memutus mata rantai penularan COVID-19 di Maros.

Di Balla Ewako ini, jajaran TNI, Polri, pemerintah dan tokoh masyarakat secara bersama-sama melakukan edukasi tentang tata cara memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Selama belum ditemukan vaksin dan obat antivirus corona, kita wajib memakai masker, cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak. Kita lindungi diri masing-masing dengan protokol kesehatan yang ketat," jelas Nurdin Abdullah, peraih Bung Hatta Award 2017.

Hadir pada acara itu Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, Kapolda Sulsel Irjen Pol Mas Guntur Laupe, Pj Walikota Makassar Prof Rudy Djamaluddin, Bupati Maros Hatta Rachman, dan tokoh masyarakat lokal.

Balla Ewako dibangun jajaran kepolisian Sulsel sebagai tempat edukasi masyarakat tentang COVID-19 ini juga menyiapkan satu ruang isolasi untuk pertolongan pertama warga desa yang positif corona. Di tempat tersebut juga ada kolam ikan, kebun sayur, dan kebun jamur.

Warga yang terpapar COVID-19 namun tidak sakit, bisa melakukan aktivitas seperti keseharian di kampung, tetapi dalam pengawasan tenaga medis.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024