Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Luwu Utara bersama Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulawesi Selatan kini fokus memperbaiki jalan nasional yang rusak akibat banjir bandang yang menerjang Masamba, Kabupaten Luwu Utara, pada Senin (13/7).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu Utara Suaib Mansur yang dihubungi dari Makassar, Kamis, mengatakan upaya perbaikan sepenuhnya menjadi kewenangan BBPJN Sulsel sebagai institusi vertikal Kementeri PUPR.

"Jadi saat ini perencanaan tetap berjalan (bersama BBPJN). Jadi sekalian bisa ikut (pembenahan jalan nasional setelah banjir bandang)," katanya.

"Jadi ada hal utama yang segera dilakukan pascabanjir bandang yakni membuka akses jalan utama, perbaikan tanggul dan normalisasi sungai. Untuk perbaikan jalan, bisa ikut (setelah normalisasi)," lanjut dia.

Kepala BBPJN Sulsel Muhammad Insal U Maha pekan lalu (9/7) melakukan pertemuan khusus dengan Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani membahas kondisi ruas jalan nasional yang ada di wilayah Kabupaten Luwu Utara.

Muhammad Insal dalam pertemuan itu menjelaskan bahwa khusus ruas jalan nasional di Luwu Utara, penanganannya dilakukan dengan menggunakan sistem 'long segment' untuk mendapatkan jalan yang lebih mulus.

Perbaikan dan pemeliharaan jalan nasional dimulai dari Kota Palopo ke Kabupaten Luwu Utara hingga ke batas Provinsi Sulsel dan Provinsi Sulteng.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024