Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat melalui Dinas Kominfo Persandian dan Statistik penyusunan buku data statistik sektoral Sulbar 2020

"Pemprov Sulbar menggelar rapat koordinasi (rakor) penyusunan buku data statistik sektoral Sulbar 2020," kata Sekda Provinsi Sulbar, Muhammad Idris, di Mamuju, Jumat.

Ia mengatakan, buku statistik sektoral 2020 itu menyajikan informasi lintas sektor, untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi statistik atau data yang akurat, sebagai dasar dalam melakukan perumusan rencana pembangunan dan arah kebijakan.

"Melalui data statistik yang tersaji, buku ini akan memberikan gambaran representatif mengenai kemajuan pembangunan dan perkembangan lain yang terjadi di Sulbar," katanya.

Selain itu, dapat pula dijadikan sebagai rujukan untuk mengetahui kecenderungan menyusun pembangunan masa yang akan datang bagi para pemangku kepentingan.

Diharapkan data tersebut dapat dipergunakan sebagai perencanaan, monitoring serta evaluasi kebijakan, serta dimanfaatkan bagi institusi pendidikan, swasta atau masyarakat umum sebagai rujukan informasi.

"Semoga penerbitan publikasi statistik sektoral Sulbar 2020 dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi setiap pihak," katanya.

Selain itu, diharapkan data yang dihasilkan oleh produsen memenuhi standar data yang telah ditetapkan dan dapat dipakai dengan format yang mudah dibaca.

"Diharapkan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) mengawasi dan mengontrol langsung setiap kegiatan yang berhubungan dengan pemenuhan data," katanya.

Ia menambahkan, salah satu dari lima pilar pembangunan Sulbar sebagai langkah strategis gubernur dalam mewujudkan daerah yang berdaya saing dan sejajar dengan wilayah lainnya, adalah mewujudkan pemerintahan yang bersih, modern dan terpercaya.

Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik Sulbar, Safaruddin Sanusi, DM, mengatakan, data sektoral Sulbar juga akan dimasukkan ke dalam website Pemprov Sulbar dan Dinas Kominfo Sulbar, selain untuk dibukukan.

"Data ini tidak hanya dibuat dalam bentuk buku, tapi data-data dari semua OPD yang dihasilkan dimuat dalam website," ujarnya.

Safaruddin menyampaikan, progres pengumpulan data buku statistik mengumpulkan data pada 41 OPD Sulbar sejak 23 September 2020 dan menjadi perhatian khusus.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024