Makassar (ANTARA) - Tim Penggerak PKK Makassar secara resmi membentuk kader IVA Test sekaligus melakukan pembinaan kepada mereka dalam rangka pencegahan kanker rahim di Makassar, Sulawesi Selatan.

Ketua TP PKK Makassar Rossy Timur Wahyuningsih pada pembentukan kader itu di Makassar, Senin, mengemukakan pembentukan dan pembinaan kader untuk meningkatkan peran kader dalam upaya pencegahan kanker rahim melalui tes IVA.

"Kita berharap penyakit kanker dapat dicegah dengan adanya pengenalan kanker sejak stadium awal," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa hal itu menjadi penting mengingat saat ini penyakit kanker menempati posisi kedua sebagai penyakit mematikan setelah jantung.

Oleh karena itu, Rossy menyampaikan seluruh ketua TP PKK kecamatan se-Kota Makassar terlibat langsung dan aktif sejak pembentukan dilanjutkan dengan pembinaan.

Kanker rahim menjadi salah satu penyakit utama pada perempuan, khususnya di negara berkembang, sehingga sebagai salah satu upaya utama pencegahan, PKK Makassar akan memproritaskan sosialisasi kepada ibu-ibu muda usia produktif.

Ia mengatakan dengan pengenalan penyakit kanker sejak awal, diharapkan masyarakat tidak enggan ataupun takut untuk memeriksakan diri jika terdapat gejala.

"Dengan penanganan lebih awal, tentunya potensi sembuh lebih besar. Masyarakat pun perlu mengetahui bahwa saat ini ada vaksin yang dapat digunakan untuk mencegah kanker," katanya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024