Makassar (ANTARA) - PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UIW Sulselrabar) meresmikan dua rumah BUMN untuk mendukung pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) lebih produktif.

PLN sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meresmikan dua rumah BUMN binaan PLN ini di Kabupaten Muna dan Muna Barat dengan lokasi yang berbeda di Sulawesi Tenggara, Rabu.

Rumah BUMN yang berada di Muna berlokasi di Jalan Dokter Sutomo Raha, Depan Rujab Polres. Sedangkan Rumah BUMN Muna Barat beralamat di Jalan Poros Pondasi dekat Kantor Pelayanan Tikep.

Senior Manager SDM & Umum PLN UIW Sulselrabar, Mundhakir mengatakan PLN terus berkomitmen mendukung para pelaku UKM dalam mengembangkan usaha kecil mikro dan menengah serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

“Rumah BUMN Muna dan Muna Barat diharapkan dapat menjadi wadah untuk para pelaku UMKM dalam mengembangkan kualitas usaha berbekal pelatihan yang berjenjang dan terstruktur sesuai kebutuhan masing-masing," ujarnya.

Selain itu, rumah UKM ini juga diharapkan menjadi sentra edukasi dan digitalisasi usaha para pelaku UMKM di wilayah Muna dan Muna Barat.

Tumbuhnya UMKM dibawah payung Rumah BUMN Muna dan Muna Barat ini nantinya akan berdampak positif pula pada ekonomi masyarakat setempat.

Peresmian Rumah BUMN binaan PLN ini dilakukan melalui Program PLN Peduli yang sejalan dengan rencana pemerintah daerah dalam upayanya untuk digitalisasi usaha UMKM utamanya dalam mempromosikan produk maupun jasa lokal.

"Dukungan dari dinas terkait lainnya pun menjadi sangat berarti untuk memajukan UMKM yang berada dibawah naungan Rumah BUMN Muna Barat ini,” kata Sekretaris Daerah Muna Barat, Laode Muhammad Husein Tali.

RKB Muna dan Muna Barat yang dikelola oleh PLN UIW Sulselrabar untuk melakukan program pembinaan, pendampingan usaha, pelatihan rutin dan pengelolaan ruang pameran produk. Ini l merupakan serangkaian kegiatan untuk menambah pengetahuan serta keterampilan para pelaku UMKM dalam mendorong perkembangan usahanya.

Peresmian Rumah BUMN Muna Barat disambut baik oleh para pelaku UMKM dan masyarakat setempat. Mereka mengaku terbantu dengan kehadiran Rumah BUMN dan berharap diberikan pelatihan guna meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

“Dengan adanya Rumah BUMN PLN ini, akan membantu kami dalam pemasaran produk UMKM. Mudah-mudahan kedepannya ada program dari Rumah BUMN berupa pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada UMKM, untuk membantu meningkatkan kualitas SDM pelaku UMKM yang tergabung dalam Rumah BUMN ini,” ungkap Surahman salah satu pelaku bisnis Percetakan dan VCO di Muna Barat.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024