Makassar (ANTARA) - PT Taspen menggandeng Bank Sulselbar, menghadirkan smartcard untuk para pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang juga berfungsi sebagai kartu diskon di outlet yang menjadi mitra.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel sekaligus Komisaris Utama Bank Sulselbar Abdul Hayat mengatakan smartcard ini sekaligus berfungsi sebagai Kartu Identitas Pensiunan (Karip) dan kartu debit.

“Akselerasi ini sangat luar biasa. Smartcard ini membuat kerja kita lebih efektif dan efisien,” kata Abdul Hayat pada acara peluncuran produk di Makassar, Rabu.

Abdul Hayat mengatakan, smartcard ini merupakan hasil dari akselerasi yang luar biasa. Digagas sejak tahun 2019 lalu, kemudian berproses di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia, sebelum akhirnya berhasil dilaunching.

Bank Sulselbar dan PT Taspen, kata dia, berhasil berkolaborasi melakukan efektivitas dan efisiensi. Memberikan jaminan sekuritas sosial bagi masyarakat, dengan menghadirkan sebuah kartu pintar untuk para pensiunan.

“Sebenarnya, masih ada orang tua kita yang ingin langsung ke kantor pos ke bank untuk mengambil uang pensiunannya. Alasannya, supaya ada aktivitas ketemu dengan kawan-kawannya," ujarnya.

"Dan itu merupakan bagian dari terapi sosial. Tapi dalam keadaan tertentu, harus ada akses memudahkan, salah satunya melalui smart card ini,” jelasnya.

Sementara, Direktur Pemasaran dan Syariah Bank Sulselbar Rosmala Arifin, mengatakan, hadirnya smartcard ini merupakan bentuk komitmen Bank Sulselbar untuk memberikan pelayanan terbaik kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memasuki masa pensiun.

Dimana, smartcard ini selain berfungsi sebagai Kartu Identitas Pensiunan (Karip), juga sekaligus sebagai kartu debit, yang bisa dipakai di ATM mana saja.

“Para pensiunan tidak perlu lagi datang ke bank untuk mengambil uang pensiunan mereka. Apalagi, di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang, dimana kita harus meminimalisir pertemuan tatap muka,” ujarnya.

Branch Manajer PT Taspen KCP Makassar Yudi Budi Wiryanto, menambahkan, smartcard ini merupakan hasil sinergitas antara PT Taspen dengan Bank Sulselbar. Para pemegang smartcard, bisa melakukan autentifikasi secara mandiri, sehingga memberikan nilai tambah tersendiri bagi para pensiunan.

“Smartcard ini merupakan sebuah terobosan dan inovasi. Selain memberikan banyak kemudahan, para pemegang kartu ini juga bisa menikmati diskon di sejumlah outlet yang menjadi mitra PT Taspen dan Bank Sulselbar,” ujarnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024