Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menambah layanan tes usap antigen secara gratis di Yayasan Kanker Indonesia Sulsel (YKI Sulsel), Jalan Lanto Dg Pasewang Makassar (samping RSKD Dadi Makassar), Rabu.

Dengan hadirnya layanan tes cepat usap antigen di RSKD Dadi, maka telah terdapat dua layanan antigen gratis oleh Pemprov Sulsel yakni di Bandara International Sultan Hasanuddin Makassar dan YKI Sulsel.

"Layanan ini muncul atas inisiasi Pak Gubernur melihat orang yang akan berangkat mencari pelayanan rapid antigen, sehingga kita membuka layanan ini secara gratis," kata Kepala Bidang Layanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Jamaluddin di Makassar, Rabu.

Jamaluddin mengemukakan layanan ini dihadirkan atas permintaan Gubernur Sulsel saat berada di bandara, Senin, 21 Desember lalu.

Nurdin Abdullah melihat antrean masyarakat mencari layanan tes cepat usap antigen, sehingga langsung menginstruksikan Dinas Kesehatan Sulsel untuk bekerja sama dengan otoritas Bandara Sultan Hasanuddin.

"Gubernur meminta untuk dibuka dua layanan di tempat berbeda. Selain di Bandara SulSultan Hasanuddin, juga di Sekretariat YKI Sulsel, Jalan Lanto Dg Pasewang Makassar samping RSKD Dadi. Kuotanya 100 rapid tes antigen per hari melalui pendaftaran online," kata Jamaluddin.

Layanan rapid antigen ini bekerja sama dengan Angkasa Pura dan menjadi satu-satunya di Indonesia. Pelayanan telah dilakukan sejak Selasa (22/12) kemarin di Bandara Sultan Hasanuddin dari pukul 09.00 - 16.00 Wita. Sedangkan di YKI Sulsel mulai hari ini, Rabu (23/12).

"Ini baru pertama kali di Indonesia, belum ada di tempat lain. Bagi yang mau lewat laut bisa tes di YKI Cabang Sulsel," katanya.

"Adapun soal berakhirnya layanan, Bapak (Gubernur) belum tentukan kapan berakhirnya. Sama seperti rapid tes gratis dulu, ini sesuai kebutuhan," tambahnya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024