Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat menyiapkan lahan seluas 2,5 hektare untuk membangun selter pekerja migran Indonesia (PMI) di kompleks Pelabuhan Tanjung Silopo, Kabupaten Polewali Mandar (Polman).

Kepala Biro Tata Pemerintahan Provinsi Sulbar, Saleh Rahim, di Mamuju, Senin, mengatakan, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan 16 pemilik lahan yang akan menjadi lokasi pembangunan selter tersebut dan menawarkan ganti rugi lahan sebesar Rp176 ribu permeter persegi.

Ia mengatakan pemerintah provinsi juga akan melakukan komunikasi dengan pihak penilai sebagai lembaga yang mengurus taksiran harga lahan yang akan menjadi lokasi selter PMI tersebut agar penyediaan lahan selter dapat segera diwujudkan.

"Di lokasi pembangunan selter itu masih terdapat lima rumah warga yang harus direlokasi dan pemerintah akan membantu pembangunannya," katanya.

Ia menyampaikan juga bahwa pihak Kementerian Sosial nantinya akan membantu pembangunan selter PMI tersebut.

"Gubernur juga telah melakukan pertemuan dengan pemilik lahan dan masyarakat mendukung pembangunan selter tersebut sehingga pemerintah optimistis dapat membangun selter tersebut," katanya.

Menurut dia, tujuan pembangunan selter PMI tersebut sebagai tempat penampungan para PMI asal Sulbar yang akan berangkat maupun tiba di Pelabuhan Tanjung Silopo dan diharapkan dapat diwujudkan pada tahun ini.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024