Mamuju (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar meminta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) memperkuat potensi masyarakat sebagai langkah antisipasi jika kembali terjadi bencana di daerah itu.

"Pelatihan ini diharapkan dapat betul-betul menghasilkan tersedianya potensi masyarakat atau instansi yang siap mendukung tugas operasi SAR dalam pencarian dan pertolongan," kata Ali Baal Masdar, pada pelatihan potensi pencarian dan pertolongan di permukaan air yang digelar di Kantor Basarnas Mamuju, Senin.

Gubernur menyampaikan, gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo yang terjadi di Kabupaten Majene dan Mamuju, pada 15 Januari 2021, dan beberapa kejadian bencana dan kecelakaan, telah menyebabkan korban jiwa dan materi.

Untuk itu, lanjut Gubernur, peran Basarnas sangat diperlukan memberikan pelayanan SAR dalam pencarian, pertolongan dan penyelamatan korban.

Menurut Gubernur, walau dengan keterbatasan sarana, prasarana dan sumber daya manusia, Basarnas telah menunjukkan hasil kerjanya yang dirasakan oleh masyarakat.

"Melalui pelatihan seperti ini, para peserta akan memperoleh pengayaan pengetahuan, keterampilan dan pembentukan sikap mental yang siap bekerja untuk kemanusiaan. Minimal pelatihan dapat dilakukan dua kali dalam setahun dengan melibatkan Basarnas, BPBD, Dinas Sosial, PMI serta Satpol PP," terang Ali Baal Masdar.

Gubernur menyampaikan apresiasi kepada Basarnas mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki ketrampilan dan kesiapsiagaan memberi pertolongan terhadap korban kecelakaan atau bencana yang tidak dapat diprediksi.

"Kesiapsiagaan perlu menjadi perhatian, mengingat negara kita berada pada posisi strategis aktivitas transportasi udara maupun maritim. Indonesia juga terletak diatara tiga lempengan dunia, yaitu lempengan eurasia, lempengan Indo Australia dan lempengan pasifik," jelasnya.

Ia juga meminta para peserta pelatihan agar senantiasa memperhatikan keselamatan dalam proses pelatihan.

"Selamat bekerja. Semoga pelatihan ini berjalan dengan lancar. Saya berharap juga saudara-saudara menjaga kualitas pelatihan, sehingga hasil pelatihan ini akan optimal untuk menunjang tugas-tugas operasi SAR secara cepat, tepat, handal dan aman," ujar Ali Baal Masdar.

Gubernur juga mengingatkan terkait bahaya COVID-19, walaupun sudah ada vaksinnya tetapi harus tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024