Makassar (ANTARA) -
Universitas Negeri Makassar (UNM) berkolaborasi dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) memberikan pelatihan standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK) kepada dosen kewirausahaan untuk diterapkan di semua tingkat strata pendidikan.
 
Rektor UNM Prof Dr Husain Syam M TP dalam keterangannya di Makassar, Rabu mengatakan pihaknya terus mendorong UNM menjadi kampus entrepreneur dua tahun belakangan dengan mewajibkan mata kuliah kewirausahaan pada semua strata pendidikan dari D3 hingga S3.
 
Selain itu, UNM juga membentuk UPT Kewirausahaan sejak tahun 2010.
 
"Jumlah mahasiswa UNM sebanyak 41 ribu dengan asumsi 5-10 persen akan bertalenta menjadi wirausaha dan sisanya sebanyak 90 persen alumni UNM akan mempunyai jiwa kewirausahaan," katanya.
 
Prof Husain juga mengatakan sebuah wilayah dikatakan maju ketika nilai rasio penduduk atau masyarakatnya 5-10 persen sebagai wirausaha.
 
Sementara Indonesia baru mencapai 3,8 persen dari data tersebut diharapkan UNM dapat memberikan sumbangsih peningkatan dalam rasio tersebut.
 
Ia juga berharap kegiatan Training Of Trainer (TOT) yang digelar 9-10 dan 12 Maret 2021 ini dapat menghilirisasi hasil penelitian dosen dan mahasiswa supaya bernilai ekonomi dan menjembatani ke pemerintah.
 
Harapan kedua sebagai bagian yang tidak terpisahkan program pengembangan kurikulum kewirausahaan untuk masyarakat.
 
Deputi Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian-BSN Dr Zakiyah, MM mengatakan, salah satu program nawacita adalah meningkatkan SDM unggul dan berkualitas sehingga pemerintah harus berupaya bagaimana mencetak manusia yang dapat menangkap peluang Issue.
 
"Salah satu Issue nya adalah Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, karena ini merupakan tool mahasiswa menangkap apa yang dibutuhkan oleh masyarakat," ujar Zakiyah.
 
BSN sebagai salah satu institusi, saat ini menerbitkan 11.119 SNI untuk mendukung dan mengelola organisasi dan perusahaan untuk konsisten pada mutu dan pengelolaan financial.
 
BSN sudah MoU dengan 69 Perguruan tinggi di seluruh Indonesia guna menyiapkan generasi muda yang aware terhadap SPK, hal ini merupakan tantangan BSN.
 
Selain itu zakiyah menyampaikan, UNM dapat dijadikan role model untuk mengajak universitas lain supaya menerapakan SPK. Kegiatan ToT ini merupakan Implementasi Kerjasama antara BSN dan UNM yang dijalin sejak tahun 2019.
 
Selain itu, adanya pembinaan laboratorium di lingkungan UNM untuk menerapkan Standar manajemen laboratorium (SN ISO/IEC 17025:2017), Program KKN dan kuliah umum.
 
"Kegiatan ToT ini mudah mudahan bermanfaat dan BSN akan memberikan support dengan memberikan informasi tambahan tidak hanya terkait dengan SNI namun juga informasi regulasi dari negara negara tujuan ekspor," ujar zakiyah.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024