Makassar (ANTARA) - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meminta dukungan Pengurus Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia Wilayah (PGIW) Sulawesi Selatan, Tenggara, Barat (Sulselrabar) untuk bersama pemerintah menjaga toleransi umat beragama di Sulsel.

"Kepada yang telah dilantik saya meminta dukungan untuk memberikan aspek ketenangan ke masyarakat. Ada kecintaan kita kepada NKRI untuk bangkit bersama," katanya saat menghadiri Pelantikan PGIW Sulselrabar periode 2021-2026 di Gereja GPIB Immanuel di Jalan Balaikota Makassar di Makassar, Sabtu.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Wali Kota Makassar Muhammad Ramdhan Pomanto, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Selatan Abdul Rahim Yunus, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sulsel Amson Padolo, dan sejumlah tokoh agama lainnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh pengurus PGIW dan umat beragama agar senantiasa mendukung program pemerintah, khususnya di tengah pandemi,  di mana saat ini vaksinasi menjadi salah satu program pemerintah untuk memulihkan kondisi.

Selain itu, katanya, persoalan penyalahgunaan narkotika juga harus menjadi perhatian seluruh kelompok umat beragama di Sulawesi Selatan.

"Masalah narkoba, ini bisa menghancurkan generasi kita. Ada juga yang terpenting masalah bahaya radikalisme yang harus menjadi perhatian bersama," ujarnya.

Andi Sudirman menyampaikan kepada semua pihak untuk senantiasa membangun komunikasi dengan pemerintah.

Bahkan, pihaknya tidak akan mempersulit siapapun untuk bertemu dengannya demi untuk kepentingan masyarakat.

"Siapa saja yang mau bertemu, jika itu bermanfaat bagi orang banyak akan kita prioritaskan," katanya.

Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Gomar Gultom mengajak seluruh pengurus PGIW Sulselrabar untuk mendukung kebijakan pemerintah di tengah pandemi.

"Kita harus bersama-sama bahu membahu keluar dari masa sulit ini. Dukungan ini sangat bermakna bagi masyarakat, gereja, bangsa dan bagi kita," kata dia.

Menurut dia, dimasa sulit ini gereja akan hadir mendatangkan cinta kepada sesama untuk berbagi dan peduli.

"Seperti yang disampaikan Ketua PGIW Sulselbara, gereja harus berada di garda terdepan mendukung vaksinasi," ujanya.

Bahkan, Gomar menegaskan kepada pemerintah provinsi setempat untuk menegur pihak gereja-gereja di daerah itu yang tidak mendukung program pemerintah dalam  menangani pandemi saat ini.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024