Makassar (ANTARA) - Plh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan Manai Sophiaan merekomendasikan pelaksanaan UTBK-SBMPTN Universitas Hasanuddin dan Universitas Negeri Makasar (UNM) yang siap digelar 12 April 2021

Manai Sophiaan di Makasar Selasa mengharapkan agar pelaksanaan  Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 ini dapat berlangsung aman dan lancar.

Dan paling penting, protokol kesehatan yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik.

“Kita tentu akan mendukung, karena bagaimanapun ini adalah program nasional. Namun sesuai tugas dan fungsi BPBD, kami akan menurunkan tim untuk melakukan pemantauan di lapangan," ujarnya.

"Kami berharap protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dapat kita patuhi bersama,” lanjut Manai.

Koordinator Pelaksana Pusat UTBK SBMPTN Unhas Dr Eng Wardi menjelaskan tahun ini Unhas akan mengadakan ujian untuk 20.056 peserta.

Pelaksanaan ujian akan berlangsung dua gelombang, yaitu 12 hingga 18 April dan 26 April hingga 2 Mei 2021.

"Setiap hari akan berlangsung selama dua sesi, yaitu pagi dan siang. Pusat UTBK Unhas mempersiapkan 53 ruangan komputer. Setiap sesi, ada sekitar 1.000 peserta yang akan ujian,” kata Wardi.

Untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, Pusat UTBK Unhas akan menerapkan protokol kesehatan sesuai standar.

Di tingkat nasional, Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sementara di tingkat lokal, Pusat UTBK Unhas berkoordinasi dengan BPDB Kota Makassar.

Pusat UTBK Unhas juga berkomitmen untuk memastikan tidak terjadi situasi yang dapat menyebabkan terjadinya kerumunan, atau mengabaikan protokol.

Untuk itu, pihaknya melibatkan Satgas COVID-19 Unhas selama kegiatan berlangsung.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024