Makassar (ANTARA) - Kepala wilayah Astra Motor (Asmo) Sulawesi Selatan Thamsir Sutirsno menyalurkan bantuan secara simbolis  kepada Bupati Mamuju Siti Sutinah Suhardi untuk warga Mamuju terdampak gempa bumi beberapa waktu lalu. 

"Gempa bumi yang melanda Sulawesi Barat dengan magnitudo (M) 6,2 beberapa bulan lalu, selain menimbulkan puluhan orang meninggal dunia, juga pemukiman warga rusak," kata Tahmasir di sela-sela penyaluran Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan otomotif itu, di Makassar, Sabtu.

Kerusakan lainnya, lanjut dia, fasilitas umum berupa gedung sekolah, rumah ibadah, rumah sakit dan gedung perkantoran lainnya, karena itu Asmo Sulsel bermaksud meringankan beban warga Mamuju atas kerugian moril dan materil yang dialaminya. 

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon bergerak cepat dengan menyalurkan bantuan CSR dengan tajuk “Honda dan Astra Motor Berbagi”.

Peyerahan bantuan tersebut dihadiri jajaran managemen Asmo Sulsel serta jajaran Forkopimda Kabupaten Mamuju.

Menurut Thamsir, kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Honda untuk terdampak gempa, terlebih bencana ini terjadi di wilayah operasional perusahaan otomotif ini. 

"Kita harus saling bahu membahu membantu saudara-saudara yang tertimpa musibah ini, Asmo berkolaborasi dengan Pemkab Mamuju dan berkomitmen untuk terus berkontribusi aktif  kepada masyarakat," ujarnya. 

Bantuan CSR Honda dan Astra Motor Berbagi disalurkan dengan 4 tahap pada periode Januari hingga Mei 2021. Total bantuan senilai Rp 300 juta ini dibagi dengan beragam bentuk seperti sembako, kebutuhan pokok sehari-hari, servis gratis kendaraan, serta membangun toilet dan kamar mandi umum. 

Penyerahan bantuan dilakukan di berbagai titik terdampak gempa seperti Posko Polsek Kaluku, dan Posko Stadion Manakara, Rangas, Simboro, Malunda, dan Mamuju. 

Asmo Sulsel bekerja sama dengan jaringan dealer di Mamuju untuk menyalurkan bantuan langsung masyarakat dan posko, hal ini dilakukan agar bantuan bisa tepat sasaran.

Sementara itu, Bupati Mamuju Sutinah memberikan apresiasi atas bantuan Asmo Sulsel yang tetap setia mendukung warga Mamuju hingga saat ini, agar dapat bangkit dan menata kembali kehidupannya. 

"Bantuan awal memang cukup memadai karena masih banyak dari berbagai pihak, namun beberapa bulan kemudian, masih banyak yang butuh uluran tangan," katanya. Suasana penyerahan bantuan secara simbolis dari Kepala wilayah Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) Thamsir Sutirsno kepada Bupati Mamuju Siti Sutinah Suhardi untuk warga Mamuju terdampak COVID-19 dan bencana gempa bumi. ANTARA Foto/ HO/Humas Asmo Sulsel

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024