Makassar (ANTARA) - PT PLN (Persero) menggelar pelatihan budi daya jamur dan pembuatan media tanam jamur yang melibatkan para petani di sejumlah kabupaten/kota se Sulawesi Selatan guna mendorong peningkatan produktivitas petani di masa pandemi COVID-19.

Manager UP3 Parepare Rizky Ardiana Bayuwerti melalui keterangannya di Makassar, Senin, mengatakan tujuan pelatihan tersebut untuk memperkenalkan komoditi jamur tiram ke masyarakat serta meningkatkan kapasitas petani jamur sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Dengan mengenal dan mengetahui cara tanam komoditi jamur tiram sesuai standar, maka tentu akan meningkatkan hasil panen para petani jamur yang berdampak pada perekonomian mereka," kata Rizky Ardiana Bayuwerti.

Ia menyampaikan bahwa pelatihan itu merupakan bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau CSR (Corporate Social Responsibility) dan bantuan keberlanjutan Tahap II, yang sebelumnya sebesar Rp80 juta untuk pengembangan Budidaya Jamur. 

Kegiatan ini, kata dia, bagian dari komitmen PLN untuk mendukung para pelaku UKM dalam mengembangkan usaha kecil mikro dan menengah serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan. 

Salah satunya dengan menggelar pelatihan budidaya jamur di Jalan Ahmad Yani No. 190, Kel. Lappade, Kec. Ujung, Parepare, Sulawesi Selatan.

Pelatihan Budidaya Jamur itu diikuti oleh 16 peserta terdiri dari Kota Makassar, Parepare, Kabupaten Sidrap, Barru, Pinrang hingga Kabupaten Polman Sulawesi Barat dan Palu Sulawesi Tengah yang digelar selama tiga hari, 2 - 4 Juli 2021.

Pelatihan ini dihadiri oleh Manager UP3 Parepare, Rizky Ardiana Bayuwerti, Manager Komunikasi, Eko Wahyu Prasongko beserta tiga pemateri dari Universitas Islam Makassar, Petani Jamur Mycotopia Makassar serta Sahabat jamur Parepare.

Sementara itu, Ketua Komunitas Hijau Fakhrul Islam mengungkapkan terimakasih dan apresiasinya atas digelarnya pelatihan, yang dapat meningkatkan kapasitas masyarakat dalam budidaya jamur tiram.

"Terimakasih kepada PLN, dengan pelatihan ini nantinya dapat meningkatkan kapasitas masyarakat dalam budidaya jamur tiram, terbangunnya usaha jamur tiram serta meningkatkan pendapatan masyarakat dalam usaha jamur tiram (pembuatan media tanam jamur)," ujar Fakhrul.
  Peserta pelatihan budidaya jamur oleh PLN dari berbagai peserta di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tengah di Kabupaten Parepare, Sulawesi Selatan. ANTARA Foto/HO-Humas PLN UIW Sulselrabar

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024