Mamuju (ANTARA News) - Jajaran kepolisian Resort Mamuju, Sulawesi Barat, memastikan pelaksanaan ibadah kenaikan Isa Almasih di daerahnya berlangsung lancar, aman dan terkendali.

"Situasi ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada pelaksanaan ibadah kenaikan Isa Almasih di beberapa tempat gereja dari pukul 08.00 Wita hingga pukul 11.00 Wita, berjalan aman dan terkendali,"kata Kapolres Mamuju, AKBP Darwis Rincing di Mamuju, Kamis.

Menurutnya, pada peringatan Isa Almasih yang dilaksanakan di berbagai gereja, dirinya telah menerjunkan puluhan personilnya untuk melakukan pengamanan.

"Di setiap gereja , kami menempatkan personil masing-masing Satuan Lantas, Satuan Sabhara, Satuan Binmas, Satuan Intel dan Satuan Serse,"ungkapnya.

Ia mengemukakan, jajarannya lebih fokus memantau pelaksanaan ibadah di gereja Katholik Santa Maria yang dipimpin pastor Martinus Pasomba dan Pastor John Pasiak Pakulayuk yang terletak di jalan Bau Massepe.

"Pelaksanaan ibadah di gereja tersebut dihadiri sekitar 200 orang orang berlangsung sejak pukul 08.00 hingga pukul 11.30 Wita,"terang Kapolres.

Kemudian , kata dia, pelaksanaan ibadah juga dilaksanakan di Gereja Toraja Mamasa, Jemaat Bukit Zaitun, dipimpin langsung pendeta Pikaris Herman juga dihadiri sekitar 100 orang jemaah serta pelaksanaan ibadah juga berlangsung di gereja Toraja yang dipimpin langsung pendeta Martina Toding yang dihadiri sekitar 400 orang jemaah.

Demikian halnya dengan pelaksanaan ibadah di gereja Kristen Indonesia kata Darwis, juga berlangsung aman dan terkendali.

"Pelaksanaan ibadah di gereja ini dipimpin langsung pendeta Jafri Yusiah dihadiri kurang lebih 50 orang jemaah,"ungkapnya.

Kapolres mengemukakan, total gereja yang melaksanakan ibadah khusus di ibukota Mamuju mencapai delapan rumah ibadah belum termasuk gereja-gereja yang ada di luar kota.

Ia mengatakan, pengamanan yang dilakukan dilanjutkan hingga malam hari saat pelaksanaan ibadah kembali berlangsung.

Ini dilakukan kata dia, untuk memberikan jaminan pengamanan pada pelaksanaan ibadah peringatan Isa Almasih bagi ummat nasrani yang ada di Mamuju.

Pelaksanaan ibadah ini berlangsung tertib dan terkendali kata dia, berkat dukungan semua pihak dalam menjaga situasi kamtibmas tetap aman.

"Kita harap situasi yang aman ini hendaknya dapat dipertahankan pada pelaksanaan perayaan keagamaan sehingga kenyamanan ummat dalam menjalankan ibadah tidak terganggu,"kunci Darwis.(T.KR-ACO/Y006)



Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024