Mamuju (ANTARA) - Satu dari tujuh atlet sepak takraw Sulawesi Barat, Maria Ulfa, mengaku optimistis timnya akan menorehkan prestasi terbaik dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. 

Optimisme itu tersirat di wajah Maria Ulfa yang kembali dipercaya membawa provinsi ke-33 di Indonesia itu untuk mengikuti perhelatan olahraga akbar empat tahunan tersebut.

"Kami tetap optimistis akan dapat meraih prestasi terbaik di ajang PON XX di Papua. Kesiapan kami baik, dan siap berjuang untuk Sulbar," kata Maria.

Atas berbagai prestasi yang telah ditorehkan, baik bagi Provinsi Sulbar maupun Indonesia, Maria Ulfa pun diganjar beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di jenjang perguruan tinggi di Universitas negeri Jakarta (UNJ).

Mahasiswi program studi Kepelatihan Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta tersebut mengaku tidak akan berhenti mengejar impiannya menjadi seorang atlet yang dapat mengharumkan Provinsi Sulbar dan Indonesia hingga ke kancah internasional.

"Setelah tidak tidak lagi menjadi atlet nanti, saya ingin melanjutkan karier menjadi pelatih sepak takraw," kata wanita kelahiran Salulebo, Kabupaten Mamuju Tengah, 6 Juli 2000 itu.

Prestasi internasional yang pernah ditorehkan anak pasangan Bahrul D dan Asniani itu, di antaranya mengantar tim takraw putri Indonesia keluar sebagai juara pertama dalam Road to ASIAN Games di Palembang pada 2017 serta memperkuat tim takraw putri Indonesia saat menjadi juara ketiga Kejuaraan King`s Cup di Thailand pada 2018. 

Di tingkat nasional, Maria Ulfa juga memiliki sederet prestasi yang mengharumkan Sulbar dalam cabang olahraga sepak takraw putri, di antaranya pada ajang Kerjurnas se-Indonesaia, ia pernah keluar sebagai juara pertama, kedua dan ketiga, serta  juara umum pada Popnas 2017 di Jawa Barat. 

Prestasi terakhirnya sebelum berlaga di ajang PON XX Papua, Maria Ulfa berhasil mengantarkan tim takraw Putri Sulbar meraih juara pertama pada pra-PON Wilayah IV se-Sulawesi.

Kecintaannya pada dunia olahraga, tidak datang begitu saja sebab ayahnya, Bahrul D, adalah seorang pelatih sepak bola.

Maria Ulfa yang memiliki tinggi badan 154cm dan berposisi sebagai tekong itu pun berkomitmen untuk selalu berjuang maksimal dalam setiap pertandingan agar mendapatkan hasil terbaik. 

Menurut dia, pencapaian yang baik itu akan diraih melalui persiapan yang baik pula.

"Lawan kita di setiap pertandingan tentu juga memiliki persiapan yang baik. Jadi, kalau mau bersaing, kita juga harus mempunyai persiapan yang lebih matang," ucap Maria Ulfa.

"Saya berharap, di setiap pertandingan, dapat meraih hasil," harapnya.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024