Makassar (ANTARA) - Puskesmas Makkasau, Makassar, Sulawesi Selatan, bersama PT Darya Varya berkolaborasi dalam menangkal hoax terkait dampak vaksinasi COVID-19 di masyarakat.

Local Area Marketing Profesional PT Darya Varia Jamaluddin Nai di Makassar, Kamis menyampaikan pihaknya mendorong masyarakat sadar akan pentingnya vaksinasi, sebab tidak sedikit masyarakat yang juga takut untuk divaksin lantaran banyaknya informasi mengenai dampak vaksin yang berakibat fatal hingga mengakibatkan kematian.

"Maka kita bersama Puskesmas Makkasau berkolaborasi untuk menggaet masyarakat ikut vaksin. Kami mengumumkan ke berbagai sosial media bahwa layanan vaksinasi di Puskesmas ini selama lima hari kerja, agar cakupan vaksinasi di Makassar semakin meningkat," kata dia.

Lebih dari itu, guna mendukung pelaksanaan vaksinasi, pihak Darya Varya juga menggandeng media elektronik seperti Radio Smart FM, SC FM dan RAZ FM selaku media lokal Makassar untuk mengajak dan mengedukasi warga terkait pentingnya vaksinasi.

Menurut Nai, kehadiran Darya Varya untuk membantu pemerintah dalam menangkal hoax sekaligus memberikan informasi lengkap kepada masyarakat mengenai pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Makkasau, mulai dari jadwal, jenis vaksin dan tujuan utama vaksinasi.

"Kita ingin mengajak masyarakat ikut vaksin COVID-19 karena masih banyak yang kurang paham, apalagi banyak hoax sehingga mereka takut, padahal tidak seperti itu," katanya.

Penanggungjawab vaksinasi Puskesmas Makkasau, Makassar dr Elizabeth Pongmassangka mengapresiasi langkah Darya Varya bersama mitra medianya dalam memberikan edukasi dan sosialisasi ke masyarakat terkait pentingnya vaksin.

Ia mengakui bahwa beberapa berita hoax telah menjadikan kendala pelaksanaan vaksinasi di masyarakat, bukan hanya warga namun termasuk pula para tenaga kesehatan.

"Kehadiran berbagai pihak dalam mendukung pelaksanaan vaksinasi tentu sangat membantu, karena banyak yang butuh info soal vaksin. Mengedukasi mereka dan memberikan informasi lengkap, salah satunya jenis vaksin yang kita gunakan," urainya.

Saat pelaksanaan vaksinasi, pihak Puskesmas Makkasau tetap menyemangati para peserta vaksin dan tidak lupa menginformasikan soal dampak usai vaksin, khususnya memperbanyak istirahat bagi yang baru saja disuntik vaksin.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024